بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله رب العالمين، اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد ، لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين

Desain Pembelajaran, contoh desain pembelajaran makalah desain pembelajaran manfaat desain pembelajaran desain pembelajaran pdf kriteria desain pembelajaran teori desain pembelajaran desain pembelajaran pai contoh desain pembelajaran sd

C.   Pengertian Desain Pembelajaran Menurut Para Ahli

Khususnya terdapat beberapa pendapat ahli tentang pengertian desain pembelajaran yaitu :[8]

1.      Rothwell dan Kazanas, 

merumuskan bahwa desain pembelajaran terkait dengan peningkatan mutu kinerja seseorang dan pengaruhnya terhadap organisasi. Bagai mereka, peningkatan kinerja berarti peningkatan kinerja organisasi. Desain pembelajaran dalam konteks ini, yakni melakukan kegiatan melalui suatu model kinerja manusia, rumusan ini bermanfaat apabila desain pebelajaran diterapkan pada suatu pusat pelatihan di organisasi tertentu.[9]

2.      Gagne, dkk. 

Megembangkan konsep desain pembelajaran dengan menyatakan bahwa desain pembalajaran memantu proses belajar seseorang, dalam proses belajar itu sendiri memiliki tahapan janka pendek (segera harus dilakukan) dan jangka panjang. Mereka percaya proses belajar terjadi karena adanya kondiri-kondisi belajar baik internal maupun eksternal. Kondisi internal adalah kemampuan dan kesiapan diri peserta didik, sedang kondisi eksternal adalah pengaturan lingkungan yang didesain, penyiapan kondisi eksternal belajar inilah yang disebut oleh mereka sebagai desain pembelajaran. Untuk itu, desain pembelajaran haruslah sistematis, dan menerapkan konsep pendekatan sistem agar berhasil meningkatkan mutu kinerja seseorang, mereka percaya bahwa proses belajar yang terjadi secara internal, dapat ditumbuhkan, diperkaya jika faktor eksternal dapat didesain dengan efektif.[10]

3.      Reiser, 

mengemukakan bahwa desain pembelajaran berbentuk rangkaian prosedur sebagai suatu sistem untuk mengembangkan program pendidikan dan pelatihan dengan konsisten dan teruji. Desain pembelajaran juga sebagai proses yang rumit tapi kreatif, aktif, dan berulang-ulang. Definisi ini berakna sistem pelatihan yaitu pendidikan di organisasi, serta proses yang teruji dan dapat dikaji ulang penerapannya.[11]

4.      Dick and Carey, 

pakar teknologi pendidikan ini menegaskan penggunaan konsep pendekatan sistem sebagai landasan pemikiran suatu desain pembelajaran umumnya pendekjatan sistem terdiri atas analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Desain pembelajaran mencakup seluruh proses yang dilaksanakan pada pendekatan sistem. Teori belajar, teori evaluasi dan teori pembelajaran merupakan teori-teori yang melandasi desain pembelajarn.[12]
Dalam konteks pembelajaran, desain instruksional dapat diartikan sebagai proses yang sistematis untuk memecahkan persoalan pembelajaran melalui proses perencanaan bahan-bahan pembelajaran beserta aktivitas yang harus dilakukan, perencanaan sumber-sumber pembelajaran yang dapat digunakan serta perencanaan evaluasi keberhasilan.[13]
Defenisi lain yaitu suatu cara yang memuaskan, untuk membuat suatu kegiatan dapat berjalan dengan baik, disertai dengan berbagai langkah asntisifatip guna memperkecil kesenjangan yang terjadi sehingga kegiatan tersebut mencapai tujuan yang telah ditetapkan.[14]
Desain pembelajaran adalah suatu pemikiran atau persepsi untuk melaksanakan tugas mengajar pengajaran untuk menerapkan prinsip-prinsip pengajaran serta melalui langkah-langkah pengajaran.Dengan demikian guru sebagai desainer pengajar sekaligus sebagai pengelola pengajaran, guru perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam menyusun desain pengajaran.[15]
Desain pembelajaran sendiri menurut Shambaugh yang dikutip oleh Wina Sanjaya adalah “ An intellectual process to help teachers systematically analyze learner needs and construct structures possibilities to responsively address those needs.” Jadi dengan demikian, suatu desain pembelajaran diarahkan untuk menganalisis kebutuhan siswa dalam pembelajaran kemudian berupaya untuk membantu dalam menjawab kebutuhan tersebut.[16]


[1] Ahmad Rohani, Pengelolaan Pengajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004), hlm. 67.
[2] Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran,(Jakarta: Kencana, 2011)., hlm. 6
[3] Sardiman.a.m.Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo persada 2008. Hal 1
[4] Ibid.,hal 20
[5] Ibid.,hal 47
[6] Ibdi., hal.50
[7] Miarso Yusufhadi,Menyemai Benih Teknologi Pendidikan,(Jakarta,Kencana prenada Group,2004) cet .1,h. 545
[8] Dewi Salma Prawiradilaga, Prinsip Desain Pembelajaran,(Jakarta: Kencana, 2008)., hlm. 15
[9]  Ibid.,hlm. 15.
[10] Ibid.,hlm. 15
[11] Ibid.,hlm. 16.
[12] Ibid.
[13] Wina Sanjaya, Op. cit., hlm. 66.
[14] Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014).,hlm. 83.
[15] Asmadawati, Desain Pembelajaran Agama Islam, (Padang : Multicipta, 2012)., hlm. 1.
[16] Ibid.,hlm. 67.

Related Post:




0 Response to "Desain Pembelajaran, contoh desain pembelajaran makalah desain pembelajaran manfaat desain pembelajaran desain pembelajaran pdf kriteria desain pembelajaran teori desain pembelajaran desain pembelajaran pai contoh desain pembelajaran sd"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel