Manfaat dan Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran, manfaat media pembelajaran prinsip media pembelajaran manfaat media pembelajaran menurut para ahli jenis media pembelajaran kedudukan media pembelajaran manfaat media pembelajaran pdf prinsip penggunaan media pembelajaran pdf prinsip pemilihan media pembelajaran
Sunday, August 5, 2018
Add Comment
MANFAAT DAN PRINSIP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Media Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar.[1] Dalam bahasa arab, media adalah perantara ( وسائل ) atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.[2] Hamidjojo dalam latuheru memberi batasan media sebagai semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan atau pendapat sehingga ide atau pendapat yang dikemukan itu sampai kepada penerima yang dituju.[3]
Selanjutnya,
pembelajaran yang diidentikkan dengan mengajar berasal dari kata dasar “ajar”
yang berarti petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui (diturut),
ditambah dengan awalan “pe” dan akhiran “an” menjadi pembelajaran, yang berarti
proses, perbuatan, cara mengajar atau mengajarkan anak sehingga anak didik mau
belajar.[4]
Pembelajaran adalah
proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar
dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan
tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan kepada peserta didik.[5]
Hamalik mengatakan bahwa pembelajaran sebagai suatu kombinasi yang tersusun
meliputi unsur manusia, materialitas, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur
yang saling memengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran.[6]
Media pembelajaran
adalah alat atau bentuk stimulus yang berfungsi untuk menyampaikan pesan
pembelajaran.[7] Rossi dan breidle mengemukakan bahwa media pembelajaran
adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk tujuan pendidikan
seperti radio, televisi, buku, koran , majalah dan sebagainya.[8]
Sedangkan Gerlach dan ely menyatakan bahwa media apabila dipahami
secara garis besar adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi
yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.[9]
B. Manfaat Media Pembelajaran
Perolehan pengetahuan
siswa seperti digambarkan Edgar Dale menunjukkan bahwa pengetahuan akan
semakin abstrak apabila hanya disampaikan melalui bahasa verbal. Hal ini
memungkinkan terjadinya verbalisme, artinya siswa hanya mengetahui tentang kata
tanpa memahami dan mengerti makna yang terkandung dalam kata tersebut. Hal
semacam ini dapat menimbulkan kesalahan persepsi siswa. Oleh sebab itu
sebaiknya diusahakan agar pengalaman siswa menjadi lebih kongkret, pesan yang
ingin disampaikan benar-benar dapat mencapai sasaran dan tujuan yang
ingin dicapai, yang dapat dilakukan melalui kegiatan yang dapat mendekatkan
siswa dengan kondisi yang sebenarnya.
Supaya hal tersebut
dapat tercapai, muncullah media pembelajaran sebagai solusinya yang membantu
merubah hal yang bersifat abstrak menjadi kongkret. Dengan begitu media
pembelajaran memiliki banyak manfaat dalam mensukseskan pembelajaran.
Menurut wina sanjaya, media pembelajaran bermanfaat untuk :1. Menangkap objek atau peristiwa-peristiwa tertentu.
Peristiwa-peristiwa
penting atau objek yang langka dapat diabadikan dengan foto, film atau direkam
melalui video atau audio, kemudian peristiwa itu dapat disimpan dan dapat
digunakan manakala diperlukan. Guru dapat menjelaskan proses terjadinya gerhana
matahari yang langka melalui hasil rekaman video. Atau bagaimana proses
perkembangan ulat menjadi kupu-kupu; proses perkembangan bayi dalam rahim mulai
dari sel telur dibuahi sampai menjadi embrio dan berkembang menjadi bayi.
2. Memanipulasi keadaan, peristiwa atau objek tertentu.
Melalui media
pembelajaran, guru dapat menyajikan bahan pejaran yang bersifat abstrak menjadi
kongkret sehingga mudah untuk dipahami dan dapat menghilangkan verbalisme.
Misalkan untuk menyampaikan bahan pelajaran tentang sistem peredaran darah pada
manusia, dapat disajikan melalui film. Selain itu, media pembelajaran juga
dapat menampilkan objek yang terlalu besar yang tidak mungkin dapat ditampilkan
didalam kelas, atau menampilkan objek yang terlalu kecil yang sulit dilihat
dengan mata telanjang.
Untuk memanipulasi
keadaan, media pembelajaran juga dapat menampilkan suatu proses atau gerakan
yang terlalu cepat yang sulit diikuti seperti gerakan mobil, gerakan kapal terbang,
gerakan pelari atau gerakan sedang berolahraga, atau sebaliknya dapat
mempercepat gerakan-gerakan yang lambat, seperti gerakan pertumbuhan
tanaman, perubahan warna suatu zat dan lain sebagainya.
3. Menambah gairah dan motivasi belajar siswa.
Penggunaan media dapat
menambah motivasi belajar siswa sehingga perhatian siswa terhadap materi
pembelajaran dapat lebih meningkat. Sebagai contoh sebelum menjelaskan materi
tentang polusi, untuk dapat menarik perhatian siswa terhadap topik tersebut,
maka guru memutar film terlebih dahulu tentang banjir, atau tentang kotoran
limbah pabrik dan lain sebagainya. [10]
Menurut Kemp dan Dayton, manfat media pembelajaran adalah :
1. Penyampaian pelajaran menjadi lebih baku.
Setiap pelajar yang
melihat atau mendengar penyajian melalui media menerima pesan yang sama.
Meskipun para guru menafsirkan isi pelajaran dengan cara yang berbeda-beda,
dengan penggunaan media ragam hasil tafsiran itu dapat dikurangi sehingga
informasi yang sama dapat disampaikan kepada siswa sebagai landasan untuk
pengkajian, latihan dan aplikasi lebih lanjut.
2. Pembelajaran bisa lebih menarik
Media dapat
diasosiasikan sebagai penarik perhatian dan membuat siswa tetap terjaga dan
memperhatikan. Kejelasan dan keruntutan pesan, daya tarik image yang
berubah-ubah, penggunaan efek khusus yang dapat menimbulkan keingintahuan
menyebabkan siswa tertawa dan berpikir, yang kesemuanya menunjukkan bahwa media
memeiliki aspek motivasi dan meningkatkan minat.
3.
Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan diterapkannya teori belajar dan
prinsip-prinsip psikologis yang diterima dalam hal partisipasi siswa, umpan
balik dan penguatan.
4.
Lama waktu pembelajaran yang diperlukan dapat dipersingkat karena kebanyakan
media hanya memerlukan waktu singkat untuk mengantarkan pesan dan isi pelajaran
dalam jumlah yang cukup banyak dan kemungkinannya dapat diserap oleh siswa.
5.
Kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan bilamana integrasi kata dan gambar
sebagai media pembelajaran dapat mengkomunikasikan elemen-elemen pengetahuan
dengan cara yang terorganisasikan dengan baik, spesifik, dan jelas.
6.
Pembelajaran dapat diberikan kapan dan di mana diinginkan atau diperlukan
terutama jika media pembelajaran dirancang untuk penggunaan secara individu.
7.
Sikap positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari dan terhadap proses
belajar dapat ditingkatkan.
8.
Peran guru dapat berubah kearah yang lebih positif, beban guru untuk penjelasan
yang berulang-ulang mengenai isi pelajaran dapat dikurangi bahkan dihilangkan
sehingga ia dapat memusatkan perhatian kepada aspek penting lain dalam proses
belajar mngajar, misalkan sebagai penasihat atau konsultan siswa. [11]
0 Response to "Manfaat dan Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran, manfaat media pembelajaran prinsip media pembelajaran manfaat media pembelajaran menurut para ahli jenis media pembelajaran kedudukan media pembelajaran manfaat media pembelajaran pdf prinsip penggunaan media pembelajaran pdf prinsip pemilihan media pembelajaran"
Post a Comment