بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله رب العالمين، اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد ، لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين

Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran, manfaat media pembelajaran menurut para ahli manfaat media pembelajaran pdf makalah manfaat media pembelajaran manfaat media pembelajaran matematika fungsi dan manfaat media pembelajaran pai jenis media pembelajaran contoh media pembelajaran dampak positif media pembelajaran

Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran

Menurut oemar hamalik, media pengajaran mengandung beberapa manfaat :

1.       Meletakkan dasar-dasar yang kongkrit berpikir, oleh karena itu menghilangkan verbalisme.
2.       Memperbesar perhatian siswa.
3.       Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar, oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantap.
4.       Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri dikalangan siswa.
5.       Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu terutama melalui gambar hidup.
6.       Membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan berbahasa.
7.       Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain dan membantu efisiensi dan keragaman yang lebih banyak dalam belajar.[12]

Sudjana dan rivai mengemukakan manfaat media pembelajaran , yaitu :


1.       Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
2.       Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran.
3.       Metode belajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi kalu guru mengajar pada setiap jam pelajaran.
4.       Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktifitas lain seprti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.[13]

Berdasarkan uraian diatas, maka penggunaan media pembelajaran memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

1.       Fungsi komunikatif

Media pembelajaran digunakan untuk memudahkan komunikasi antara penyampai pesan dan penerima pesan. Kadang-kadang penyampai pesan mengalami kesulitan manakala harus menyampaikan pesan hanya dengan mengandalkan bahasa verbal saja. Begitu juga penerima pesan kadang-kadang mengalami kesulitan dalam memahaminya, apalagi materi yang bersifat abstrak.

2.       Fungsi motivasi3.       Fungsi kebermaknaan.

Melalui penggunaan media, pembelajaran dapat lebih bermakna, yakni pembelajaran bukan hanya dapat meningkatkan penambahan informasi berupa data dan fakta sebagai pengembangan aspek kognitif tahap rendah, akan tetapi dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk meganalisis dan mencipta sebagai aspek kognitif tingkat tinggi.

4.       Fungsi penyamaan persepsi

Proses belajar terjadi secara individual. Jika dalam satu kelas terdapat 40 orang siswa, terdapat pula 40 macam persepsi yang datang dari masing-masing pemikiran siswa. Artinya, bisa terjadi setiap siswa akan menginterpretasi materi pelajaran secara berbeda. Melalui pemanfaatan media pembelajaran, diharapkan dapat menyamakan persepsi setiap siswa, sehingga setiap siswa memiliki pandangan yang sama terhadap informasi yang disuguhkan.

5.       Fungsi individualitas

Siswa itu datang dari latar belakang yang berbeda, baik dari segi status sosial ekonomi maupun dari latar belakang pengalamannya, sehingga memungkinkan gaya dan kemampuan belajarnya pun tidak sama. Demikian juga mengenai bakat dan minat siswa tidak mungkin sama, walaupun secara fisik sama. Pemanfaatan media pembelajaran berfungsi untuk dapat melayani kebutuhan setiap individu yang memiliki minat dan gaya belajar yang berbeda.[14]

Levie dan Lentz sebagaimana dikutip oleh Azhar Arsyad mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual, yaitu fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif, dan fungsi kompensatoris.[15]


1.       Fungsi atensi media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Media gambar atau animasi yang diproyeksikan melalui LCD (Liquid Crystal Display) dapat memfokuskan dan mengarahkan perhatian mereka kepada pelajaran yang akan mereka terima. Hal ini berpengaruh terhadap penguasaan materi yang lebih baik oleh siswa.
2.       Fungsi afektif media visual dapat terlihat dari tingkat keterlibatan emosi dan sikap siswa pada saat menyimak tayangan materi pelajaran yang disertai dengan visualisasi. Misalnya, tayangan video gambar simulasi kegiatan pengelolaan arsip, video penggunaan mesin kantor dan sejenisnya.
3.       Fungsi kognitif audio visual terlihat dari kajian-kajian ilmiah yang mengemukakan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
4.       Fungsi kompensatoris dari media pembelajaran dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa media visual membantu pemahaman dan ingatan isi materi bagi siswa yang lemah membaca.

C.      Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran

                Tidak cukup bila guru mengetahui nilai, kegunaan, dan landasan penggunaan media pendidikan, mereka harus tahu bagaimana cara untuk menggunakannya. Terdapat sejumlah prinsip yang harus diperhatikan dalam penggunaan media pembelajaran. Berikut akan dikemukakan beberapa prinsip penggunaan media tersebut.

Menurut Wina Sanjaya, prinsip penggunaan media pembelajaran adalah :

1.       Media digunakan dan diarahkan untuk mempermudah siswa belajar dalam upaya memahami materi pelajaran. Dengan demikian, penggunaaan media harus dipandang dari sudut kebutuhan siswa, bukan dipandang dari sudut kepentingan guru.
2.       Media yang digunakan oleh guru harus sesuai dan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media tidak digunakan sebagai alat hiburan, atau tidak semata-mata dimanfaatkan untuk mempermudah guru menympaikan materi, akan tetapi benar-benar untuk membantu siswa belajar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
3.       Media yang digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran. Setiap materi pembelajaran memiliki kekhasan dan kekompleksan. Media yang akan digunakan harus sesuai dengan kompleksitas materi pembelajaran. Contohnya, untuk membelajarkan siswa memahami pertumbuhan jumlah penduduk di indonesia, maka guru perlu mempersiapkan semacam grafik yang mencerminkan pertumbuhan penduduk.
4.       Media pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa. Siswa yang memiliki kemampuan mendengar yang  kurang baik, akan sulit memahami pelajaran manakala digunakan media yang bersifat auditif. Demikian pula sebaliknya, siswa yang memiliki kemampuan penglihatan yang kurang, akan sulit menangkap bahan pelajaran yang disajikan melalui visual.
5.       Media yang digunakan harus memerhatikan efektifitas dan efisiensi. Media yang memerlukan peralatan yang mahal belum tentu efektif untuk mencapai tujuan tertentu. Demikian juga media yang sangat murah belum tentu tidak memiliki nilai. Setiap media yang dirancang guru mesti memerhatikan efektifitas penggunaannya.
6.       Media yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasikannya. Sering media yang kompleks terutama media yang mutakhir seperti komputer, LCD, dan media elektronik lainnya memerlukan kemampuan khusus dalam pengoperasiannya.[16]


Related Post:




0 Response to "Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran, manfaat media pembelajaran menurut para ahli manfaat media pembelajaran pdf makalah manfaat media pembelajaran manfaat media pembelajaran matematika fungsi dan manfaat media pembelajaran pai jenis media pembelajaran contoh media pembelajaran dampak positif media pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel