بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله رب العالمين، اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد ، لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين

Media Pembelajaran Kemahiran Membaca teks qira'ah bahasa arab, Opaque Projector, Slide, Presentas, Internet, Permainan Bahasa , teks qira'ah bahasa arab maharah qira'ah pdf permainan untuk maharah kitabah permainan bahasa arab untuk mts mengajar bahasa arab dengan permainan pengertian permainan bahasa game edukasi bahasa arab permainan istima

Media Pembelajaran Kemahiran Membaca teks qira'ah bahasa arab, Opaque Projector, Slide, Presentas, Internet, Permainan Bahasa 

4)     Opaque Projector

Opaque Projector adalah media yang digunakan untuk memproyeksikan bahan dan benda-benda yang tidak tembus pandang, seperti buku, foto, dan model-model baik yang dua dimensi maupun yang tiga dimensi. Berbeda dengan OHP, Opaque proyektor biasanya dapat pula digunakan untuk memproyeksikan film bingkai/slide akan tetapi tidak dilengkapi dengan tape recorder . Kelebihan dan kelemahan media Opaque Projector ini hampir sama dengan kelebihan dan kelemahan media OHP Dan media slide. Perbedaannya dengan OHP hanya saja opaue projector tidak memerlukan transparasi tapi memerlukan penggelpan ruangan. Opaque projector biasanya digunakan untuk memproyeksikan film bingkai/slide, akan tetapi tidak dilengkapi dengan tape recorder .

5)    Slide

Slide dan flmstrip merupakan media yang diproyeksikan, dapat dilihat dengan mudah oleh para siswa dikelas. Slide adalah sebuah gambar transparan yang diproyeksikan oleh cahaya (schining light) melalui proyektor. Biasanya ukuran slide 2 X 2 atau 3 X 4 cm. Slide ini hanya mempertunjukkan satu gambar saja, teknisnya juga satu persatu. Ada juga slide yang berupa sound slide atau rupa rungu. sound slide berupa hasil perpaduan antara gambar diam dengan suara (sound).
Media slide menurut Amir Hamzah Suleiman (1985:172-173) mempunyai kelebihan sebagai berikut :
1.    Cara pembuatannya mudah, hanya memerluksn keterampilan photografi.
2.    Lama waktu untuk melihat gambar yang diproyeksikan dapat disesuiakan dengan kebutuhan, misalnya guru dapat memberi kesempatan kepada para siswanya untuk melihat detail dari gambar yang diproyeksikan dan mendiskusikannya tanpa melepas film dari proyektor. Artinya, pertunjukkan gambar dapat dipercepat atau diperlambat.
3.    Gambar-gambar yang diproyeksikan dapat dipilih sesuai kebutuhan tuntutan tujuan pembelajaran.
4.    Memungkinkan melakukan pembaruan pada beberapa slide saja yang mengalami kerusakan atau sudah tidak cocok lagi konteks materi ajar.
5.    Karena setiap slide memiliki ukuran yang kecil, maka untuk satu seri slide tidak membutuhkan tempat yang besar dalam penyimpanannya.
6.    Memungkinkan memproyeksikan aneka ragam warna.
7.    Dapat digunakan secara klasikal maupun individu.
 Sedangkan keterbatasan slide adalah :
1.    Gambar dan grafik visual yang disajikan tidak bergerak sehingga daya tariknya tidak sekuat dengan televisi atau film. Oleh karena itu, visualisasi obyek atau proses yang bergerak akan kurang efektif yang disajikan melalui media film bingkai.
2.    Film bingkai terlepas-lepas, dan ini merupakan satu titik keunggulan sekaligus kelemahannya, karena memerlukan perhatian untuk menyimpannya agar film-film bingkai itu tidak hilang atau tercecer.
3.    Meskipun biaya produksinya tidak terlalu mahal, film bingkai masih memerlukan biaya lebih besar dari pada pembuatan media fhoto, gambar, grafik yang tidak diproyeksikan.

6)    Presentase

Pada dasarnya media presentasi yang menggunakan program computer ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari media transparansi yang disajikan melalui OHP. Berbeda dengan transparansi OHP tidak bisa menampilkan unsur audio visual, maka media presentasi dengan program computer biasa menampilkan unsur audio-visual dam pembelajaran .
Kalau prensentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang, berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis.
Tujuan dari presentasi bermacam-macam, diantaranya untuk memberi informasi, membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu).
Presentasi yang berdasarkan Mcrosoft Power Point atau Microsoft Office Power Point adalah sebuah program computer untuk [resentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran, Microsoft Office dan sebagainya.
- Kelebihan media presentase:
a)    Dapat menyajikan teks,gambar, foto, animasi, audio dan video sehingga lebih menarik.
b)    Dapat menjangkau kelompok banyak.
c)    Tempo dan cara penyajian dapat disesuaikan.
d)    Penyajiannya masih bias bertatap muka.
e)    Dapat digunakan secara berulang-ulang.
f)    Kelebihan media presentase:
-Kelemahan media presentase:
a)    Ketergantungan arus listrik.
b)    Media pendukung relative mahal karena memerlukan computer/laptop dan LCD.
c)    Penggunaan media ini sangat tergantung pada penyaji materi.
d)    Masih sangat terbatas guru yang mampu membuat media presentase.

7)    Internet

Internet merupakan singkatan dari interconnection and networking yaitu jaringan informasi global. Internet adalah jendela informasi dunia, kita dapat mengetahui apapun di dalamnya hanya dengan membuka sebuah search engine (misalnya: www.google.com) orang langsung dapat mengetikkan keyword yang diinginkan. Hal ini menjadi penyebab utama yang dipertimbangkan oleh semua orang untuk menyampaikan informasi melalui internet.
    Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan pelajar untuk belajarsecara mandiri Thourgh independent study, students become doers as well as thinkers (cobine,1997). Para pelajar dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan, museum, database dan mendapatkan sumber primer tentang berbagau peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, data statistic ( Gordin et.al.,1995).
    Pemanfaatan Internet sebagai media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut :
1.    Dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke semua penjuru tanah air dan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas karena tidak memerlukan ruang kelas.
2.    Dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke semua penjuru tanah air dan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas karena tidak memerlukan ruang kelas.
3.    Dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke semua penjuru tanah air dan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas karena tidak memerlukan ruang kelas.
4.    Lama waktu belajar juga tergantung pada kemampuan masing-masing siswa.
5.     Adanya keakuratan dan kekinian materi pembelajaran.
6.    Pembelajaran dapat dilakukan secara interaktif, sehingga menarik siswa; dan memungkinkan pihak berkepentingan (orang tua siswa maupun guru) dapat turut serta menyukseskan proses pembelajaran, dengan cara mengecek tugas-tugas yang dikerjakan siswa secara online .
Kelemahan Internet sebagai Media Pembelajaran :
1.    Informasi yang tersedia di internet sangat besar jumlahnya, namun tidak semuanya kita butuhkan.
2.    Internet bersifat interaktif dengan menyediakan banyak sekali link-link menuju situs tertentu yang terkadang membuat kita menggoda untuk mengkliknya yang justeru membuat pencarian informasi kita terbengkalai dan lepas kendali.
3.    Salah satu kelemahan internet yang sangat terasa dan sangat mengganggu adakah resiko terkena virus komputer yang mudah menyebar, baik melalui semail maupun melalui file-file yang kita unduh.

8)    Permainan bahasa

Permainan adalah cara untuk menyampaikan materi secara menyenangkan namun memicu user untuk mengerjakan secara serius. Program ini merupakan salah satu bentuk dari simulasi dan latihan dimana user dilibatkan untuk bertindak dalam suatu penyelesaian masalah. Permainan melibatkan fantasi dan situasi yang menyenangkan dengan memanfaatkan sifat kompetitif user untuk meningkatkan dan memotivasi belajar, dan secara tidak sadar mereka telah belajar tentang suatu konsep .



BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Membaca (Qira’ah) merupakan keterampilan menangkap makna dalam symbol-simbol bunyi tertulis yang terorganisir menurut system tertentu. alat indera penglihatan (mata) sangat memiliki peran penting dalam proses kerja dari indra mata dan alat ujar saja. Tetapi juga merupakan aktivitas aqliyah, melipui: pola pikir, menganalisis, menilai,problem-solving dan sebagainya.
Beberapa media yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran keterampilan meembaca, antara lain: Flash Card, Laboratorium bacaan, OHP/OHT, Opaque Projector, Slide, Presentase, Internet, Permainan Bahasa.

DAFTAR KEPUSTAKAAN

Arsyad Azhar, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2003).
Asnawir dkk. Media Pembelajaran (Jakarta: CIPUTAT PRESS.2002).
http://sitimahdzuroh.blogspot.com/2015/01/media-pembelajaran-maharah-qiraah.html
http://kendywi.weebly.com/1/post/2013/04/internet-sebagai-media-pembelajaran.html
M. Khalilullah.Media Pembelajaran Bahasa Arab.(Yogjakarta: Aswaja Pressindo)
Munadi Yuhdi, Media Pembelajaran, (Jakarta: Gaung Persada press, 2010).
Nunu Mahmun.Media Sumber Belajar Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi(Yogjakarta: Aswaja Pressindo.2014).

Related Post:




0 Response to "Media Pembelajaran Kemahiran Membaca teks qira'ah bahasa arab, Opaque Projector, Slide, Presentas, Internet, Permainan Bahasa , teks qira'ah bahasa arab maharah qira'ah pdf permainan untuk maharah kitabah permainan bahasa arab untuk mts mengajar bahasa arab dengan permainan pengertian permainan bahasa game edukasi bahasa arab permainan istima"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel