Hakikat Perencanaan Pembelajaran 2 : Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP, prinsip penyusunan rpp kurikulum 2013 prinsip penyusunan rpp pdf prinsip penyusunan rpp menurut permendikbud no 103 tahun 2014 prinsip penyusunan rpp menurut permendikbud no. 22 tahun 2016 penerapan prinsip penyusunan rpp langkah penyusunan rpp prinsip penyusunan silabus lk 02 prinsip penyusunan rpp
Friday, September 21, 2018
Add Comment
E. Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP
Prinsip-prinsip rencana pembelajaran menurut Permendinas NO.41 tahun 2007 tentang standar proses terdiri dari :
a. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
RPP di susun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intlektual, minat, motifasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar,kebutuhaan khusus,kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
b. Mendorong partisipasi aktif peserta didik.
Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motifasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semanga belajar.
c. Mengembangkan budaya membaca dan menulis.
Proses pembelajaran dirancang untuk mengembanggkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekpresi dalam berbagai bentuk tulisaan.
d. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
e. Keterkaitan dan keterpaduan.
RPP di susun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiataan pembelajaran, indikator pencapaian kopentensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP di susun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragamaan budaya.
f. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
RPP di susun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintregasi, sistematis, daan efektif sesuai dengan setuasi dan kondisi.
Dari prisip di atas dapat di pahami
F. Langkah-langkah Mengembangkan RPP
RPP disusun untuk setiap kompetensi dasar yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru yang merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Dalam kurikulum 2013, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dikembangkan dengan langkah-langkah berikut :
1. RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mengenai KD
2. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis
3. RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih
4. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Langkah Penyusunan RPP
Pelaksanaan Proses Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Orientasi
Memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan ilustrasi, menampilkan slide animasi (jika memungkinkan), fenomena alam, fenomena sosial, atau lainnya.
b. Apersepsi
Memberikan apersepsi awal kepada peserta didik tentang tema yang akan diajarkan.
c. Motivasi
Guru memberikan gambaran manfaaat memperlajari tema yang akan diajarkan.
d. Pemberian Acuan
Berkaitan dengan tema yang akan dipelajari
Acuan dapat berupa penjelasan tema dan materi dari beberapa mata pelajaran
Pembagian kelompok belajar
Penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran)
2. Kegiatan inti
a. Proses pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Inti dan kompetensi Dasar
b. Dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantangm memotivasi peserta didik
c. Menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan tema
3. Kegiatan Penutup
a. Kegiatan guru membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan
b. Pemberian tes atau tugas, dan memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.
Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester :
Tema :
Sub Tema :
Pertemuan Ke- :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Dasar
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Ajar
E. Metode Pembelajaran
F. Media Pembelajaran
G. Sumber Belajar
H. Kegiatan Pembelajaran
No Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan
………
.…menit
2. Kegiatan Inti
a. Mengamati
….
b. Menanya
…..
c. Mengekspresikan/Mengeksplorasi
…..
d. Asosiasi
…..
e. Komunikasi
……
….. menit
3. Penutup
…….
……menit
I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen (Tes dan Nontes)
Kunci dan Pedoman penskoran
Tugas
Pekanbaru, …………………….
Mengetahui,
Kepala Sekolah
NIP.
Guru Mata Pelajaran
NIP.
Contoh RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MADRASAH ALIYAH NEGERI 1
(RPP MAN)
Mata Pelajaran : اَللُّغَةُ الْعَرَبِيَّة
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Pertemuan ke : 3 ( tiga )
Alokasi Waktu : 2 X 45
Setandar Kompetensi : BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga.
Kompetensi Dasar : BERBICARA
2.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat
sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun
Indikator : KD 1
• Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
• Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
• Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
Tujuan Pembelajaran :Setelah mengikuti proses KBM siswa diharapkan dapat menyimak,menirukan,dan berdialog serta mengamati tentang kehidupan keluarga
Materi Ajar : Contoh dialog :
+ صباح الخير
- صباح النور
+اين تسكن ؟
-انا اسكن فى بندونخ
+ مااسم ابوك؟
- اسمه ابراهيم
+ اين امك؟
- امى فى البيت
+ اين ابوك ؟
- ابى فى البيت
+ هل ابوك استاذ؟
- نعم هو استاذ
+ هل لك اخ كبير ؟
- نعم عندى اخ كبير
+ماذا تعمل فى البيت – اساعد ابى وامى
Metode Pembelajaran :
a. Mubasyiroh
b. Intiqaiyyah
Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal :
1. Mengucapkan salam
2. Berdoa bersama
3. Mengabsen siswa
4. Apersepsi
B. Kegiatan inti :
1. Menjelaskan SK,KD dan Indikator yang akan dicapai
2. Menyajikan wacana lisan
3. Mendengarkan wacana lisan
4. Mengulangi/menirukan ujaran(kata/frasa/kalimat)
5. Menjawab secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat
6. Menceritakan kembali isi wacana
7. Bercerita sesuai tema
C. Kegiatan Penutup :
1. Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami wacana lisan
2. Memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
3. Menugaskan siswa
4. mencari dan menuliskan kata/frasa/kalimat tentang kehidupan keluarga
5. Memotivasi siswa dalam peningkatan belajar
6. Uji kompetensi lisan :
a. Susunlah kalimat berikut setelah mendengarkan rekaman dialog tersebut!
b. Jawablah pertanyaan beriut berdasarkan wacana !
c. Ceritakanlah kembali isi wacana !
d. Berceritalah didepan kelas sesuai tema !
Alat/Bahan/Sumber belajar
1. Buku
2. Gambar
3. Kaset
4. CD
5. Majalah
6. Kamus
Penilaian
a. Teknik : Tes lisan dan Tertulis
b. Bentuk : pertanyaan lisan
c. Instrumen : Terlampir
d. Pedoman penilaian :
1) Setiap nomor benar diberi skor 5
2) Skor maksimal : 10 X 5 = 50
3) Nilai maksimal : 100
4) Nilai siswa : Skor perolehan X 10
Skor maksimal
5) Rubrik penilaian :
No Uraian Skor
1 Setiap jawaban benar, mencocokkan, pilihan kata tepat, melafalkan pilihan kata benar 5
2 Setiap jawaban benar,tata bahasa kurang tepat,pilihan kata tepat dan lafal benar 4
3 Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat,dan lafal benar 3
4 Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal kurang tepat 2
5 Setiap jawaban kurang tepat, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal salah 1
6 Tiadak ada jawaban 0
Tanjung Batu, Juli 20
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.
Pengembangan RPP harus memperhatikan minat dan perhatian peserta didik terhadap materi standar dan kompetensi dasar yang dijadikan bahan kajian. Dalam hal ini harus diperhatikan guru jangan hanya berperan sebagai transformator, tetapi juga harus berperan sebagai motivator, mendorong peserta didik untuk belajar, dengan menggunakan berbagai variasi media dan sumber belajar yang sesuai, serta menunjang pembentukan kompetensi dasar.
DAFTAR PUSTAKA
Kasmiati.2013.Desain Tujuan dan Materi Pembelajaran Bahasa Arab.Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Mardia Hayati, dkk.2014.Desain Pembelajaran.Pekanbaru: CV Mutiara Pesisir Sumatra.
Mudasir.Desain Pembelajaran.Indragiri Hulu:STAI Nurul Falah Press.
Mulyasa.2007.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wina Sanjaya.2008.Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
0 Response to "Hakikat Perencanaan Pembelajaran 2 : Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP, prinsip penyusunan rpp kurikulum 2013 prinsip penyusunan rpp pdf prinsip penyusunan rpp menurut permendikbud no 103 tahun 2014 prinsip penyusunan rpp menurut permendikbud no. 22 tahun 2016 penerapan prinsip penyusunan rpp langkah penyusunan rpp prinsip penyusunan silabus lk 02 prinsip penyusunan rpp"
Post a Comment