Tujuan Pendidikan Islam, tujuan pendidikan islam menurut para ahli tujuan pendidikan islam pdf tahap tahap tujuan pendidikan islam dalil tujuan pendidikan islam prinsip tujuan pendidikan islam kiat kiat untuk mencapai tujuan pendidikan islam pertanyaan tentang tujuan pendidikan islam arah tujuan pendidikan islam
Sunday, August 5, 2018
Add Comment
TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM
Hakikat Pendidikan Islam
Pendidikan adalah suatu
proses yang dilakukan secara sadar atau disengaja guna untuk menambah
pengetahuan, wawasan serta pengalaman untuk menentukan tujuan hidup sehingga
bisa memiliki pandangan yang luas untuk ke arah masa depan lebih baik dan
dengan pendidikan itu sendiri dapat menciptakan orang-orang berkualitas.
Sedangkan defenisi pendidikan islam menurut para pakar, yaitu :
a.
Al-abrasyi memberikan pengertian bahwa tarbiyah adalah mempersiapkan manusia
supaya hidup dengan sempurna dan bahagia, mencintai tanah air, tegap
jasmaninya, sempurna budi pekertinya, teratur pikirannya, halus perasaannya,
mahir dalam pekerjaannya, manis tutur katanya baik dengan lisan atau
tulisan.[1]
b.
Hasan langgulung mengatakan bahwa pendidikan islam adalah proses penyiapan
generasi muda untuk mengisi peranan, memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai
islam yang diselaraskan dengan fungsi manusia untuk beramal didunia dan memetik
hasilnya diakhirat.[2]
c.
Omar muhammad al-thoumi al-syaibani, menyatakan pendidikan islam adalah proses
mengubah tingkah laku individu pada kehidupan pribadi, masyarakat dan alam
sekitarnya dengan cara pengajaran sebagai suatu aktivitas asasi dan sebagai
pofesi diantar profesi-profesi asasi dalam maasyarakat.[3]
Berdasarkan beberapa
rumusan yang dikemukakan oleh para pakar tersebut, dapat diambil kesimpulan
bahwa pendidikan islam adalah proses transiternalisasi pengetahuan dan
nilai-nilai islam kepada peserta didik melalui upaya pengajaran, pembiasaan,
bimbingan, pengasuhan, pengawasan dan pengembangan potensinya, guna mencapai
keselarasan dan kesempurnaan hidup didunia dan akhirat.
Tujuan Pendidikan Islam
Istilah tujuan atau
sasaran atau maksud dalam bahasa arab dinyatakan dengan ghayat, ahdaf atau
maqasid. Sedangkan dalam bahasa inggris, istilah tujuan dinyatakan dengan goal
atau purpose atau objective atau aim.[4] Secara umum istilah itu mengandung
pengertian yang sama, yaitu suatu maksud tertentu yang dapat dicapai
melalui pelaksanaan atau perbuatan.
Pendidikan islam
mempunyai tujuan, menurut abu ahmadi, tujuan pendidikan islam ada beberapa
tahap atau tingkatan, yaitu :[5]
a.
Tujuan terakhir atau tujuan tertinggi
Tujuan ini bersifat
mutlak, tidak mengalami perubahan dan berlaku umum, karena sesuai dengan konsep
ketuhanan yang mengandung kebenaran mutlak dan universal. Tujuan tertinggi
tersebut dirumuskan dalam satu istilah yang disebut insan kamil (manusia
paripurna). Indikator dari insan kamil itu adalah :
1.
Menjadi hamba allah
Tujuan ini sejalan
dengan tujuan hidup dan penciptaan manusia, yaitu semata-mata untuk beribadat
kepada allah, sebagaimana firman allah dalam surat az-zariyat ayat 56 :
dan aku tidak
menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
2.
Mengantarkan subyek didik menjadi khalifah allah fil ardh, yang mampu
memakmurkan bumi dan melestarikannya dan lebih jauh lagi mewujudkan rahmat bagi
alam sekitarnya, sesuai dengan tujuan penciptaannya, dan sebagai konsekuensi
setelah menerima islam sebagai pedoman hidup. Sebagaimana firman allah dalam
surat al-baqarah ayat 30 :
ingatlah ketika Tuhanmu
berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan
seorang khalifah di muka bumi."
3.
Untuk memperoleh kesejahteraan dan kebahagiaan hidup didunia dan diakhirat baik
individu maupan masyarakat.
Sebagaimana firman allah
dalam surat al-qashash ayat 77 :
dan carilah pada apa
yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan
janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat
baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan
janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak
menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.
b.
Tujuan umum
Berbeda dengan tujuan
tertinggi yang lebih mengutamakan pendekatan filosofis, tujuan umum lebih
bersifat empirik dan realistis. Tujuan umum berfungsi sebagai arah yang taraf
pencapaiannya dapat diukur karena menyangkut perubahan sikap, perilaku dan
kepribadian peserta didik.
Abrasyi menyimpulkan
bahwa ada lima tujuan umum pendidikan islam, yaitu :
1.
Untuk mengadakan pembentukan akhlak yang mulia.
2.
Persiapan untuk kehidupan dunia dan kehidupan akhirat.
3.
Persiapan untuk mencari rezeki dan pemeliharaan segi manfaat atau tujuan
vokasional dan profesional.
4.
Menumbuhkkan semangat ilmiah pada pelajar dan memuaskan keinginan tahu dan
memungkinkan ia mengkaji ilmu demi ilmu itu sendiri.
5.
Menyiapkan pelajar dari segi profesional, teknikal dan pertukangan supaya dapat
menguasai profesi tertentu.
c.
Tujuan khusus
Tujuan khusus adalah
pengkhususan atau operasional tujuan tertinggi dan tujuan umum. Sifatnya
elastis dan adaptik sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman, tanpa
melepaskan diri dari nilai-nilai ilahi sebagai tujuan tertinggi yang harus
diraihnya. Mekanisme dan sistem inilah yang membedakan antara pendidikan islam
dengan pendidikan umum lainnya.[6]
Secara hirarkis, tujuan
khusus pendidikan islam dapat dikelompokkan kedalam beberapa bentuk, yaitu :
1.
Tujuan kurikuler, yaitu tujuan yang ditetapkan melalui garis-garis besarprogram
pengajaran disetiap lembaga pendidikan.
2.
Tujuan pembelajaran umum, yaitu tujuan yang diarahkan pada penguasaan program
pengajaran disetiap lembaga pendidikan.
3.
Tujuan pembelajaran khusus, yaitu tujuan yang diarahkan pada penguasaan setiap
materi yang diajarkan dalam setiap bidang studi.
Hasan langgulung merumuskan tujuan khusus pendidikan islam, yaitu :
1.
Memperkenalkan kepada generasi muda akan akidah islam, dasar-dasarnya,
asal-usul ibadat, dan cara-cara melaksanakannya dengan betul, dengan
membiasakan mereka berhati-hati mematuhi akidah-akidah agama serta menjalankan
dan menghormati syiar-syiar agama.
2.
Menumbuhkan kesadaran yang betul pada diri pelajar terhadap agama termasuk
prinsip-prinsip dan dasar-dasar akhlak mulia.
3.
Menanamkan keimanan kepada allah pencipta alam, kepada malaikat, rasul-rasul,
kitab-kitab dan hari kiamat berdasarkan pada paham kesadaran dan perasaan.
4.
Menumbukan minat generasi muda untuk menambah pengetahuan dalam adab,
pengetahuan keagamaan dan untuk mengikuti hukum-hukum agama dengan kecintaan
dan kerelaan.
5.
Menumbuhkan rasa rela, optimisme, percaya diri, tanggung jawab,menghargai
kewajiban, tolong-menolong atas kebaikan dan takwa, kasih sayang, cinta
kebaikan, sabar, berjuang untuk kebaikan, memegang teguh pada prinsip
berkoraban untuk agama dan tanah air serta siap untuk membelanya.
d.
Tujuan sementara
Tujuan sementara adalah
tujuan yang akan dicapai setelah anak didik diberi sejumlah pengalaman tertentu
yang direncanakan dalam suatu kurikulum pendidikan formal. Atau tujuan
sementara adalah sasaran sementara yang harus dicapai oleh umat Islam yang
melaksanakan pendidikan Islam. Maksudnya yaitu tercapainya berbagai kemampuan
seperti kecakapan jasmaniah, pengetahuan membaca, menulis, pengetahuan
ilmu-ilmu kemasyarakatan, kesusilaan, keagamaan, kedewasaan jasmani-rohani dan
sebagainya.
Aspek-Aspek Tujuan
Abdul al-Rahman Shaleh
Abdullah dalam bukunya, Educational Theory, a Qur’anic outlook, menyatakan
tujuan pendidikan Islam dapat diklasifikasikan menjadi empat dimensi, yaitu :
1.
Tujuan pendidikan jasmani (al-ahdaf al-jismiyah)
Tujuan pendidikan perlu
dikaitkan dengan tugas manusia selaku khalifah allah dibumi yang harus memiliki
kemampuan jasmani yang bagus disamping rohani yang teguh.[7]
2.
Tujuan pendidikan rohani (al-ahdaf al-ruhaniyah)
Meningkatkan jiwa dari
kesetiaan yang hanya kepada Allah Ta’ala Semata dan melaksanakan moralitas
islami yang diteladani oleh Nabi sollallahualaihi wassalam. Dengan berdasarkan
cita-cita ideal dalam al-Qur’an Q.S. Ali-Imran: 19.
Sesungguhnya agama (yang
diridhai) disisi Allah hanyalah Islam.
Indikasi pendidikan
rohani adalah tidak bermuka dua, berupaya memurnikan dan mensucikan diri
manusia secara individual dari sikap negatif, inilah yang disebut dengan
tazkiyah (purification) dan hikmah (wisdom). Maka dari itu, tujuan pendidikan
ruhaniah tersebut diarahkan kepada pembentukan akhlak yang mulia (akhlak
al-karimah).[8]
3.
Tujuan pendidikan akal (al-ahdaf al-‘aqliyah)
Pengarahan inteligensi
untuk menemukan kebenaran dan sebab-sebabnya dengan telaah tanda-tanda
kekuasaan Allah dan menemukan pesan-pesan ayat ayat-Nya yang berimplikasi
kepada peningkatan Iman kepada Sang pencipta. Tahapan pendidikan akal ini
adalah :
a.
Pencapaian kebenaran ilmiah (‘ilm al-yaqin).
b.
Pencapaian kebenaran empiris (‘ain al-yaqin).
c.
Pencapaian kebenaran meta empiris atau mungkin lebih tepatnya sebagai kebenaran
filosofis (haq al-yaqin)
4.
Tujuan pendidikan sosial (al-ahdaf al-ijtima’iyah)
Tujuan pendidikan sosial adalah pembentukan kepribadian yang utuh yang menjadi
bagian dari komunitas sosial. Identitas individu disini tercermin sebagai
“al-naas” yang hidup pada masyarakat yang plural (majemuk).
[1] Muhammad Athiyah Al-Abtasyi, Al-Tarbiyah
Al-Islamiyah (Mesir : Dar Alfikr Al-Arabi, Tt),th. 100 sebagaimana dikutip oleh
Ramayulis.
[2] Hasan Langgulung,
Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, (Bandung : Al-Ma’arif, 1980), h.
87 sebagaimana dikutip Ramayulis.
[3] Omar Mohammad
Al-Thoumi Al-Syaibany, Falsafah Al-Tarbiyah Al-Islamiyah (Terj) Hasan
Langgulung, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979), h. 339 sebagaimana dikutip
Ramayulis.
[4] Ramayulis, Ilmu
Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2013), h. 209
[5] Ibid., h. 211-219
[6] Samsul Nizar,
Hakikat Manusia Dalam Perspektif Islam ; Membangun Pola Pendidikan Yang
Humanistik, (Pekanbaru: PPs Uin Suska Riau Press, 2009), h. 74
[7] Ramayulis, Op, Cit.,
h. 222
[8] M. Arifin. Ilmu
Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan
Interdisipliner. (Jakarta : Bumi Aksara. 2011). h. 60.
0 Response to "Tujuan Pendidikan Islam, tujuan pendidikan islam menurut para ahli tujuan pendidikan islam pdf tahap tahap tujuan pendidikan islam dalil tujuan pendidikan islam prinsip tujuan pendidikan islam kiat kiat untuk mencapai tujuan pendidikan islam pertanyaan tentang tujuan pendidikan islam arah tujuan pendidikan islam"
Post a Comment