بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله رب العالمين، اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد ، لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين

Silabus, makalah silabus komponen silabus pengertian silabus

SILABUS

Pengertian Silabus

Istilah silabus dapat didefinisikan sebagai “Garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran”. Istilah silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari SK dan KD yang ingin dicapai, dan materi pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari peserta didik dalam rangka mencapai SK dan KD.

Menurut  Badan  Standar  Nasional  Pendidikan,  dijelaskan  bahwa  yang dimaksud dengan silbus adalah “Rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi  dasar,  materi  pokok/pembelajaran,  kegiatan  pembelajaran, indikator,  penilaian,  alokasi  waktu,  dan  sumber/bahan/alat  belajar”.

Rencana  pembelajaran  yang  dimaksud  dalam  silabus  pembelajaran, bukan  rencana  pembelajaran  sebagai  pedoman  pelaksanaan  pembelajaran untuk  setiap  pertemuan.  Silabus  sebagai  rencana  merupakan  rencana pembelajaran  untuk  setiap  mata  pelajaran  atau  kelompok  dan  tema pembelajaran  tertentu  yang  masih  bersifat  umum  dan  menjadi  pedoman pembelajaran untuk tiap semester.

Manfaat Silabus



Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu SK maupun satu KD. Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian. Dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi sistem penilaian selalu mengacu pada SK, KD, dan indikator yang terdapat di dalam silabus.

Komponen Silabus


Dengan merujuk pada pengertian silabus pembelajaran  yang dirumuskan oleh BSNP  di atas, bahwa pengembangan silabus pembelajaran pada dasarnya adalah merumuskan  dan mengembangkan setiap unsur atau komponen yang tercakup dalam pengertian silabus tersebut, yaitu:

Standar kompetensi; 

yaitu seperangkat kompetensi yang dibakukan dan harus dicapai siswa sebagai hasil belajarnya dalam setiap satuan pendidikan (SKL). Standar kompetensi ditetapkan secara nasional oleh BSNP, dan sekaligus sebagai pemandu untuk merumuskan kompetensi dasar.

Kompetensi dasar

yaitu rincian dari standar kompetensi, yang berisi rumusan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang secara minimal harus dikuasai siswa. Kompetensi dasar ditetapkan secara nasiona oleh BSNP, dan sekaligus sebagai pedoman untuk menjabarkan ke dalam indikator pembelajaran.

Materi pokok

yaitu kegiatan mengidentifikasi dan menentukan pokok- pokok materi yang akan dijadikan pengalaman belajar siswa untuk mencapai kompetensi dasar. Secara umum materi pembelajaran yang dikembangkan harus mencakup tiga aspek yaitu: pengetahuan, sikap dan keterampilan. 

Kegiatan pembelajaran

yaitu rancangan program kegiatan yang dilakukan oleh siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan untuk memberikan pengalaman belajar, sehingga dapat mengembangkan potensi (akademik non akademik) siswa secara optimal.

Indikator pembelajaran;

 yaitu rumusan tujuan pembelajaran yang sudah sangat spesifik sebagai penjabaran dari kompetensi dasar. Rumusan Indikator harus memperhatikan kompetensi dasar, hakekat peserta didik, karakteristik materi dan memuat aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan secara proporsional. 

Penilaian;

 yaitu suatu proses kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang tepat dan akurat terhadap proses dan hasil pembelajaran. Oleh karena itu instrumen penilaian selain memenuhi unsur validitas dan reabilitas, juga harus mencakup terhadap beberapa aspek penilaian secara proporsional, seperti tertulis, lisan, perbuatan, kinerja, portfolio, dan lain-lain.

 Alokasi waktu;

 yaitu menentukan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari kompetensi dasar dengan mempertimbangkan keluasan dan kedalaman serta tingkat kesulitan materi. Dalam menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan harus mempertimbangkan jumlah waktu efektif setiap minggu.

 Sumber;

 yaitu menentukan sumber-sumber pembelajaran yang dijadikan rujukan, meliputi sumber cetak dan non cetak, objek, lingkungan, sumber by design maupun by utilization.

Related Post:




0 Response to "Silabus, makalah silabus komponen silabus pengertian silabus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel