Urgensi Media Pembelajaran, urgensi media pembelajaran pdf urgensi media pembelajaran bahasa arab urgensi media dalam proses pembelajaran biologi urgensi pembelajaran sejarah perkembangan media pembelajaran urgensi penggunaan media dalam pembelajaran matematika macam macam pola media pengajaran makalah manfaat media pembelajaran
Tuesday, July 17, 2018
Add Comment
Pengertian Media, Urgensi Media Pembelajaran
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Oleh karena itu, belajar dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Salah satu pertanda bahwa seseorang itu telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri orang itu yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, keterampilan, atau sikapnya.[1]
Dalam proses pembelajaran, media merupakan alat bantu untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri, juga media merupakan suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri, oleh karena itu, guru dituntut mampu menggunakan alat-alat yang digunakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan baha alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan zaman. Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan.[2]
BAB II
PERMASALAHAN
2.1 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian media secara umum ?
2. Bagaimana urgensi media dalam proses pembelajaran ?
2.2 Batasan Masalah
Adapun makalah ini membahas tentang pengertian media dan keurgensiannya dalam proses pembelajaran.
BAB III
PEMBAHASAN
A. Pengertian Media
Media berasal dari bahasa Latin yang mempunyai arti antara. Makna tersebut dapat diartikan sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk membawa suatu informasi dari suatu sumber kepada penerima.[3]
Kata media berasal dari bahasa Latin yang adalah bentuk jamak dari medium batasan mengenai pengertian media sangat luas, namun dibatasi media pembelajaran saja yakni media yang digunakan sebagai alat dan bahan kegiatan pembelajaran.
Kata “media” berasal dari kata lain, merupakan bentuk jamak dari kata “medium”. Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti perantara atau pengantar. Akan tetapi sekarang kata tersebut digunakan, baik untuk bentuk jamak maupun mufrad.
Media bahasa Arabnya adalah wasail yang berarti perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Menurut Abdul Alim Ibrahim media adalah الوسائل التوضيحية (sarana untuk memperjelas).[4]
Azhar Arsyad memberikan penjelasan tentang pengertian media dengan mengutip pendapat beberapa pakar di bidangnya. Di antaranya adalah definisi yang dikemukakan oleh Gerlach & Ely mengatakan bahwa media secara garis besar adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. AECT (Association of Education and Communication Technology) mendefinisikan media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi.[5]
Heinich, dan kawan-kawan (1982) mengemukakan istilah medium sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima. Jadi, televisi, film, radio, rekaman audio, gambar yang diproyeksikan, bahan-bahan cetakan, dan sejenisnya adalah media komunikasi. Apabila media itu membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut media pembelajaran. Sejalan dengan batasan ini, Hamidjojo dalam Latuheru (1993) memberi batasan media sebagai semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju.[6]
Asosiasi Pendidikan Nasional (National Education Association/NEA) memiliki pengertian yang berbeda. Media adalah bentuk-bentuk komuinikasi baik tercetak maupun audiovisual serta peralatannya. Media hendaknya data dimanipulasi, dapat dilihat, didengar dan dibaca. Apa pun batasan yang diberikan, ada persamaan di antara batasan tersebut yaitu bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.[7]
B. Urgensi Media Pembelajaran
Pada mulanya media hanya berfungsi sebagai alat bantu visual dalam kegiatan belajar atau mengajar, yaitu berupa sarana yang dapat memberikan pengalaman visual kepada siswa antara lain untuk mendorong motivasi belajar, memperjelas dan mempermudah konsep yang abstrak, dan mempertinggi daya serap atau retensi belajar. Kemudian dengan masuknya pengaruh teknologi audio pada sekitar abad ke-20 lahirlah peraga audio visual yang terutama menekankan penggunaan pengalaman yang konkrit dalam menghindarkan verbalisme.[8]
Penggunaan media dalam pembelajaran bahasa arab bertitk tolak dari teori yang mengatakan bahwa totalitas resentase banyaknya ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dimiliki oleh seseorang terbanyak dan tertinggi melalui indra lihat dan engalaman langsung melakukan sendiri sedangkan selebihnya melalui indra dengan indra yang lainnya.[9]
Kegiatan belajar mengajar akan efektif dan efisien apabila dalam kegiatan belajar mengajar disertai dengan media sebagai alat pembelajaran yang efektif.
Arif Sadiman, dkk mengemukakan bahwa pengertian media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa, serta perhatian siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan media dengan keunggulannya membantu pengajar dalam menyampaikan pesan pembelajaran serta lebih cepat dan lebih mudah ditangkap oleh siswa serta dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal itu dikarenakan pembelajaran dengan menggunakn media akan lebih menarik perhatian siswa sehingga bisa menumbuhkan minatnya terhadap pelajaran tersebut. Dan pengajar bisa menggunakan metode, tidak semata-mata komunikasi melalui kata-kata, serta siswa lebih banyak melakukan aktifitas seperti mengamati, melakukan atau mendemonstrasikan dan lainnya.[10]
Dalam pembelajaran bahasa, baik bahasa Arab maupun bahasa Inggris, penggunaan media sangat dibutuhkan agar pembelajaran tersebut tidak membosankan dan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa aktifitas pembelajaran bahasa Arab kurang bervariasi daripada pembelajaran bahasa asing lainnya. Hal ini tidak disebabkan adanya asumsi bahwa belajar bahasa Arab sebagai bahsa asing untuk bisa mempergunakannya secara aktif hanya bisa dilakukan di negara Arab tetapi juga penggunaan metode pembelajaran yang sudah ketinggalan dari metode pembelajaran bahasa asing lainnya.[11]
Ketepatan memilih media pendidikan akan digunakan dalam proses belajar mengajar sangat besar pengaruhnya terhadap efektifitas tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran yang akan dicapai. Dalam proses mengajar sering terjadi tidak efektif dan efisien disebabkan oleh adanya kurang minat, kurang gairah dan sebagainya. Keberadaan media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk memudahkan dalam penyampaian pesan pembelajaran, memudahkan pemahaman, mempunyai retensi (daya ingat) yang lama, serta dapat diaplikasikan dalam waktu dan kesempatan yang lain dibutuhkan.[12]
Dengan adanya media, diharapkan suasana pembelajaran tidak membosankan dan menjadi lebih menarik sehingga bisa menumbuhkan minat siswa untuk belajar pelajaran tersebut dan yang lebih penting adalah tercapainya tujuan kegiatan belajar mengajar dan kurikulum.
0 Response to "Urgensi Media Pembelajaran, urgensi media pembelajaran pdf urgensi media pembelajaran bahasa arab urgensi media dalam proses pembelajaran biologi urgensi pembelajaran sejarah perkembangan media pembelajaran urgensi penggunaan media dalam pembelajaran matematika macam macam pola media pengajaran makalah manfaat media pembelajaran"
Post a Comment