بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله رب العالمين، اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد ، لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين

hadis Masa pra kodifikasi dan kodifikasi, sejarah hadits pra kodifikasi dan kodifikasi hadits jelaskan secara singkat keberadaan hadis pada masa pra kodifikasi dan masa kodifikasi keberadaan hadis pada masa kodifikasi sejarah hadits masa kodifikasi sejarah perkembangan hadits periode 1 sampai 7 perkembangan hadits pada masa sekarang kodifikasi hadits pada masa sahabat sejarah kodifikasi hadits pada masa nabi

hadis Masa pra kodifikasi dan kodifikasi, sejarah hadits pra kodifikasi dan kodifikasi hadits  jelaskan secara singkat keberadaan hadis pada masa pra kodifikasi dan masa kodifikasi  keberadaan hadis pada masa kodifikasi  sejarah hadits masa kodifikasi  sejarah perkembangan hadits periode 1 sampai 7  perkembangan hadits pada masa sekarang  kodifikasi hadits pada masa sahabat  sejarah kodifikasi hadits pada masa nabi


A.       LATAR BELAKANG

Penelitian-penelitian telah dilakukan terhadap bangsa arab melalui benda-benda purbakala yang menunjukan bahwa bangsa arab telah telah mengenal tulisan sebelum kedatangan islam. Hal ini merujuk pada abad III masehi. Sebagian besar benda-benda purbakala terdapat di kawasan selatan  semenanjung Arabia, Karena masih adanya ketrkaitan dengan kebudayaan Persia dan Yunani. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa sebelum islam datang itu sudah berdiri sekolah-sekolah.

Sekolah-sekolah itu diasuh oleh para pengajar yang mempunyai status tinggi, semisal abu sufyan ibn Umayah ibn Abdi Syams, Bisyri ibn Abdul Malik as-Sakuniy, Abu Qais ibn Abdi Manaf ibn zuhrah dan lain sebagainya.bahkan bangsa Yahudi pun telah memahami bahasa arab dan mengajarkannya kepada anak-anak di Madinah pada masa awal. Kemudian datanglah agama islam dan di Aus dan Khazraj telah ada beberapa orang yang pandai menulis.

“Al-kamil”, begitu sebutan untuk orang yang bisa menulis, memanahah dan pandai berenang. Akan tetapi para penyair mayoritas membanggakan hafalan dan kekuatan ingatan mereka.

Setelah kita menyimak apa yang digambarkan diatas bahwa islam datang disaat tradisi menulis dan menghafal sudah mulai ada di daratan tanah arab. Sehingga tidak diragukan lagi ketika islam datang yaitu melalui Nabi Muhammad SAW tradisi tulis sudah ada dan mulai tersebar luas ketika islam berkembangan diantara mereka. Apalagi dikala pemerintahan dipegang oleh Rasulallah maka segala sesuatu hal yang kaitannya dengan kenegaraan seperti perjanjian-perjanjian dan keputusan-keputusan juga memerlukan ahli tulis. Hal terbukti karena karakter risalah membawa konsekuensi pada maraknya para pelajar, pembaca dan penulis. Terlebih lagi persoalan wahyu yang memerlukan ahli tulis. Sehingga dengan demikian ajaran yang dibawa oleh Rasulallah SAW perlu dituliskan sehingga Al-Qur’an menjadi bentuk mushaf yang dapat dengan mudah untuk dibaca dan dimengerti isi kandungannya. Sama halnya dengan hadis yang sifatnya sama dengan Al-Qur’an yaitu sebagai sumber hukum islam yang pada prosesnya secara berangsung-angsur sesuai dengan kebutuhan itu perlu adanya penulisan dan pembukuan hadist atau dengan kata lain kodifikasi hadist. Dengan demikian tidak ada ajaran Rasulallah SAW yang hilang.


B.   RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas penulis tertarik untuk membahas  permasalahan secara mendetail mengenai hal-hal sebagai berikut :
1.      Apa yang dimaksud dengan sejarah  perkembangan hadis ?
2.      Sejarah perkembangan hadist pada masa :
a.       Masa pra kodifikasi
b.      Masa kodifikasi

BAB II
PEMBAHASAN

A.   DEFINISI SEJARAH PERKEMBANGAN HADIST

Menurut H. Endang Soetari AD dalam bukunya yang berjudul Ilmu Hadits. Yang dimaksud dengan perkembangan hadits adalah masa atau periode-periode yang telah dilalui oleh hadis semenjak dari masa lahirnya dan tumbuh pengenalan, penghayatan, dan pengamalan umat dari generasi ke generasi.(1994 : 29)

Sedangkan menurut Drs. Fathur Rahman dalam bukunya yang berjudul Musthalahul Hadits. Yang dimaksud dengan periodisasi tentang sejarah dan perkembangan hadits disini ialah : fase-fase yang telah ditempuh dan dialami dalam sejarah pembinaan dan perkembangan hadits, Sejak Rasullullah masih hidup sampai terwujudnya kitab-kitab yang dapat dilihat sekarang ini.(1987:69)

Terdapat berbagai cara untuk menguraikan tentang sejarah pertumbuhan dan perkembangan hadits. Salah satunya ada yang mengemukakan dengan cara menghubungkan dengan masa kehidupan Rasulullah SAW, para Sahabat atau Tabiin. Adapula yang membaginya dengan cara mengemukakan berbagai kegiatan yang berkenaan dengan hadits. Sehingga dapat kami simpulkan bahwa sejarah pertumbuhan dan perkembangan hadits adalah fase-fase yang dilalui oleh hadits semejak Rasullulah masih hidup sampai dengan generasi-generasi berikutnya sehingga terwujudnya kitab-kitab yang dapat disaksikan sampai sekarang ini.[1]

1.      Masa Pra Kodifikasi

Masa pra kodifikasi hadits berarti masa sebelum hadis dibukukan, dimulai dari sejak munculnya hadits pertama yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW dengan rentang waktu yang dilalui masa pra kodifikasi ini mencakup dua periode penting dalam sejarah transmisi hadits, yaitu periode rasulullah saw dan periode Sahabat. Pada dua periode ini metode transmisi yang digunakan kebanyakan adalah metode lisan. Meskipun demikian, tidak sedikit juga para Sahabat yang melakukan pencatatan hadits secara personal, walaupun pada permulaan turunnya wahyu, Rasulullah Saw pernah melarang para sahabat untuk mencatat selain al-Quran. Akan tetapi larangan tersebut bukanlah larangan yang bersifat mutlak, atau larangan tersebut merupakan larangan yang bersifat sementara, sampai para Sahabat benar-benar dapat membedakan antara Al-Quran dan Al-Hadis. Hal itu terbukti dengan adanya beberapa Sahabat yang mendapatkan izin dari beliau untuk melakukan pencatatan hadits, seperti Abdullah bin Amrra, Rafi' bin Khadijra, dan Abu Syah.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa pada masa pra kodifikasi ini sebagian besar hadits telah ditransmisikan melalui lisan dan hafalan. Namun hal ini sama sekali tidak mengurangi tingkat keotentikan hadits-hadits tersebut. Karena para Sahabat yang menjadi agen transmiter dalam hal ini, disamping sosok mereka yang sangat loyal terhadap Rasul Saw dan terpercaya, mereka juga dikaruniai hafalan yang kuat, sehingga dengan itu, kemampuan mereka untuk mentransmisikan hadits dari Rasulullah Saw secara akurat tidak diragukan lagi. Selain itu sejumlah Sahabat juga telah mentransmisikan hadits melalui catatan-catatan yang mereka buat hal itu dapat dibuktikan dengan adanya beberapa shahifah yang pernah ditulis pada rentang masa tersebut. Berikut ini adalah beberapa shahifah yang dimaksud:
Shahîfah al-Shadiqah, ditulis oleh Abdullah bin Amr ra.
Shahîfah Jabir bin Abdullah ra.
Shahîfah Ali bin Abi Thalib ra.
Shahîfah Hammam bin Munabbih, ditulis oleh Hammam dari riwayat Abu Hurairah ra.
Shahîfah Samurah bin Jundub ra.
Shahîfah Sa'd bin Ubadah  ra.[2]

v  Hadist pada Masa Rasulullah SAW

Urgensi hadis dalam penentuan sikap terhadap berbagai makna yang terkandung dalam ayat-ayat al-Quran atau sebagai kewenangan tersendiri bagi Rasulullah Saw, bagi para sahabat, memiliki kedudukan yang khas dan sejarah tersendiri yang tidak bisa lepas dari aspek budaya dan peradaban saat itu. Sikap para sahabat tersebut, ditinjau dari aspek kebudayaan saat itu, meliputi dua titik persoalan yang utama, yakni perhatian dan tradisi mereka terhadap budaya lisan dan tulisan. Kedua aspek ini, dalam salah satu tinjauan riwayat Abu Hurairah, berlaku secara bersamaan dan menjadi tradisi yang mengakar bagi generasi selanjutnya. Dalam Shahih al-Bukhari Kitab al-Ilmu, Bab Kitabah al-ilm dinyatakan bahwa Abu Hurairah pernah berkata, "Tidak ada seorang pun sahabat Nabi Saw yang lebih banyak hadisnya daripada diriku selain Abdullah bin Amr, karena ia menulis sedangkan aku tidak". (Shahih al-Bukhari)
Penyampaian hadis secara lisan merupakan hal mendasar dalam tradisi saat itu. Bahkan setelah koleksi tertulis hadis disusun, penyampaian hadis secara lisan masih ideal. Kelisanan, dalam sistem ini, merupakan kebajikan bukan sebaliknya. Seperti hal yang meremehkan bukti tertulis, dan lebih menyukai pembuktian lisan langsung, ulama hadis pun menekankan superioritas penyampaian hadis secara langsung, pribadi, dan lisan. Nilai tulisan hanyalah untuk membantu mengingat

Cara Rasul Menyampaikan Hadist 

Ada suatu keistimewaan pada masa ini yang membedakannya dengan masa lainnya, yaitu umat islam dapat secara langsung memperoleh hadist dari Rasulullah SAW sebagai sumber hadist. Dimana tempat-tempat yang  digunakan sebagai tempat pertemuan diantaranya adalah masjid, rumah beliau sendiri, dan pasar ketika beliau dalam perjalanan (safar).

Dalam riwayat Imam Bukhori, disebutkan Ibnu Mas'ud pernah bercerita bahwa Rasulullah SAW, menyampaikan hadistnya dengan berbagai cara, sehingga para sahabat selalu ingin mengikuti pengajiannya, dan tidak mengalami kejenuhan.
Cara tersebut diantaranya adalah 
1.      Melalui para jama'ah yang berada di pusat pembinaan atau majelis al-ilmi.
2.      Melalui para sahabat-sahabat tertentu, kemudian mereka menyampaikannya kepada orang lain.
3.      Melalui ceramah atau pidato ditempat terbuka, seperti ketika haji wada' dan Futuh Makkah.
Untuk hal-hal tertentu, seperti yang berkaitan dengan soal keluarga dan kebutuhan biologis, beliau menyampaikan melalui istri-istrinya. Begitu pula para sahabat, jika mereka segan bertanya kepada Nabi, mereka sering kali bertanya kepada istri-istri beliau.
Keadaan para sahabat dalam meneriama dan menguasai hadist 

Dalam perolehan dan penguasaan hadist, antara satu sahabat dengan sahabat yang lain tidaklah sama, ada yang memiliki banyak, ada yang sedang bahkan ada pula yang sedikit. Hal ini disebabkan karena:

1.      Perbedaan mereka dalam hal kesempatan bersama Rasulullah SAW.
2.      Perbedaan dalam soal hafalan dan kesungguhan bertanya kepada sahabat lain.
3.      Perbedaan dalam hal waktu masuk Islam dan jarak tempat tinggal dari Majlis Rasul SAW.
4.      Perbedaan dalam ketrampilan menulis, untuk menulis hadist.

Ada beberapa sahabat yang tercatat banyak menerima hadist dari Nabi SAW antara lain adalah:
Para sahabat yang termasuk As-Sabiqun Al- Awwalun, seperti Abu Bakar, Umar bin Khattab, ustman bin Affan, Ali bin Abi Tahlib.Ummahat Al-Mu'minin (istri-istri rasul) seperti Aisyah dan Ummu Salamah. Hadist yang diterimanya banyak berkaitan dengan soal pribadi, keluarga, dan tatat pergaulan suami istri.

Para sahabat yang disamping dekat dengan Rasul juga menuliskan hadist yang diterimanya, seperti Abdullah Amr bin Ash.Sahabat yang meskipun tidak lama bersama Rasulullah tetapi sangat efisian dalam memanfaatkan kesempatan dan bersungguh-sungguh bertanya kepada sahabat lain, seperti Abu Hurairah.
Sahabat yang secara sungguh-sungguh mengikuti Majlis Rasul dan banyak bertanya kepada sahabat lain seperti, Abdullah bin Umar, Anas bin Malik, Abdullah bin Abbas.

Aktifitas menghafal hadist 

Untuk memelihara kemurnian al-Qur'an dan Hadist, Rasulullah mengambil kebijakan terhadap Al-Qur'an beliau memberi instruksi untuk menulisnya selain menghafalkan. Sedangkan terhadap hadist beliau secara resmi memerintahkan unutk menghafal dan menyampaikannya kepada orang lain.
Dengan demikian, para sahabat bersungguh-sungguh untuk menghafal hadist agar tidak terjadi kekeliruaan dengan Al-Qur'an.
Ada alasan yang cukup memberi motivasi kepada para Sahabat, diantaranya adalah:
                                                                                                                        3
Kegiatan menghafal merupakan budaya Arab yang telah ada sejak zaman praIslam.Mereka terkenal kuat hafalan jika dibanding bangsa-bangsa lain.Rasulullah banyak memberi spirit melalui doa-doanya agar mereka diberikan kekuatan hafalan dan dapat mencapai derajat yang tinggi.Dan Rasul sering kali menjanjikan kebaikan akhirat bagi mereka yang menghafalkan hadist dan menyampaikan kepada orang lain.

Aktifitas menulis hadist

Keadaan Hadis pada masa Nabi Muhammad SAW belum ditulis (dibukukan) secara resmi, walaupun ada beberapa sahabat yang menulisnya. Hal ini dikarenakan ada larangan penulisan hadist dari Nabi SAW dengan sabdanya:

لاتكقبو اعنّى سيئا غير القران فمن كتب عنّى سيئا غير القر ان فليمحه.
" jangan menulis apa-apa selain Al-Qur'an dari saya, barang siapa yang menulis dari saya selain Al-Qur'an hendaklah menghapusnya". (Hr. Muslim dari Abu Sa;id Al-Khudry)
Tetapi disamping ada hadist yang melarang penulisan ada juga hadist yang membolehkan penulisan hadist, yaitu sabda Nabi SAW:

اكتب عنّى فو الذى نفس بيده ما خرج من فمن الاالحق.
"tulislah dari saya, demi Dzat yang diriku didalam kekuasaanNYA, tidak keluar dari mulutku kecuali yang hak".
Dua hadist diatas tampaknya bertentangan, maka para ulama mengkompromikannya sebagai berikut:
1.      Bahwa larangan menulis hadist itu terjadi pada awal-awal Islam untuk memelihara agar hadist tidak tercampur dengan Al-Qur'an. Tetapi setelah itu jumlah kaum muslimin semakin banyak dan telah banyak yang mengenal Al-Qur'an, maka hukum larangan menulisnya telh dinaskhkan dengan perintah yang membolehkannya.
2.      Bahwa larangan menulis hadist itu bersifat umum, sedang perizinan menulisnya bersifat khusus bagi orang yang memiliki keahlian tulis menulis. Hingga terjaga dari kekeliruan dalam menulisnya, dan tidak akan dikhawatirkan salah seperti Abdullauh bin Amr bin Ash.
3.      Bahwa larangan menulis hadist ditujukan pada orang yang kuat hafalannya dari pada menulis, sedangkan perizinan menulisnya diberikan kepada orang yang tiak kaut hafalannya. 

Hadist pada Masa Sahabat 

Periode kedua sejarah perkembangan hadist, adalah masa sahabat, khususnya masa Khulafa Al-Rasyidin (Abu Bakar, Umar Ibn Khattab, Usman Ibn Affan dan Ali Ibn Abi Thalib) yang berlangsung sekitar 11 H sampai 40 H, masa ini juga disebut dengan sahabat besar.

                                                                                                            4

Menjaga Pesan Rasul SAW 

Pada masa menjelang kerasulannya, Rasulullah SAW berpesan kepada para sahabat agar berpegang teguh kepada Al-Qur'an dan Hadist serta mengerjakannya kepada orang lain sebagai mana sabdanya :
تركت فيكم أمر يى لن تملّوا ما تمسّكم بهما كتاب الله وسنة نبيّه
"Telah aku tinggalkan untuk kalian dua macam, yang tidak akan tersesat setelah berpegang kepada keduanya, yaitu kitab Allah (Al-Qur'an) dan sunnahku (Al-Hadist) " H.R Malik
Pesan-pesan Rasul Saw sangat mendalam pengaruhnya kepada para sahabat, sehingga segala perhatian yang tercurah semata-mata untuk melaksanakan dan memelihara pesan-pesannya. Kecintaan mereka kepada Rasul SAW dibuktikan dengan melaksanakan segala yang dicontohkan.

Berhati-hati dalam Meriwayatkan dan Menerima Hadist

Perhatian sahabat pada masa ini terutama sekali terfokus pada usaha memelihara dan menyebarkan Al-Qur'an, ini terlihat bagaimana Al-Qur'an dibukukan pada masa Abu Bakar atas saran Umar Ibn Khattab, usaha pembukuan ini diulang juga pada masa Usman Ibn Affan, sehingga melahirkan mushaf Usmani satu disimpan di Madinah yang dinamai Mushaf Al-Imam dan yang empat lagi masing-masing disimpan di Makkah,  Basrah, Syiria dan Kuffah.
Perlu pula dijelaskan disini, bahwa pada masa ini belum ada usaha resmi untuk menghimpun hadis dalam suatu kitab, seperti halnya Al-Qur'an. Hal ini (umat islam) dalam mempelajari Al-Qur'an. Sebab lain pula, bahwa para sahabat yang banyak menerima hadist dari Rasul SAW sudah tersebar diberbagai daerah kekuasaan islam, dengan kesibukannya masing-masing sebagai pembina masyarakat. Sehingga dengan kondisi seperti ini, ada kesulitan mereka secara lengkap. Pertimbangan lainnya, bahwa soal membukukan hadist dikalangan para  sahabat sendiri terjadi perselisihan pendapat, belum lagi terjadinya perselisihan soal lafadz dan kesahihannya.

Periwayatan Hadist dengan Lafadz dan Makna.

Pembatasan atau penyederhanaan periwayatan hadist, yang ditunjukkan oleh para sahabat dengan sifat kehati-hatiannya, tidak berarti hadist-hadist Rasul tidak diriwayatkan. Dalam batasan-batasan tertentu hadist-hadist itu diriwayatkan. Khususnya permasalahan ibadah dan muamalah. Periwayatan tersebut dilakukan setelah diteliti secara ketat pembawa hadist tersebut dan kebenaran isi matannya.
Ada dua jalan sahabat dalam meriwayatkan hadist dari Rasul SAW:
Pertama, periwayatan lafdzi (redaksinya persis seperti yang disampaikan Rasul). Kebanyakan para sahabat meriwayatkan hadist dengan jalan ini. Mereka berusaha agar periwayatan hadist sesuai dengan redaksi dari Rasul SAW, seperti sahabat Ibnu Umar.
Kedua, periwayatan maknawi (maknanya saja). Periwayatan maknawi artinya periwayatan hadist yang matannya tidak persis sama dengan yang didengarnya dari Rasul SAW akan tetapi isi atau maknanya tetap terjaga secara utuh, sesuai dengan yang dimaksudkan oleh Rasul SAW tanpa ada perubahan.

                                                                                                            5
Pada masa ini juga belum ada usaha secara resmi untuk menghimpun hadist dalam suatu kitab halnya Al-Qur'an, hal ini disebabkan karena:
Agar tidak memalingkan perhatian umat Islam dalam mempelajari Al-Qur'an.Para sahabat yang banyak menerima hadist dari Rasul SAW sudah tersebar ke berbagai daerah kekuasaan Islam.Soal membukukan hadist, dikalangan sahabat sendiri terjadi perselisihan pendapat. Belum lagi terjadinya perselisihan soal lafadz dan kesahihannya. 



Hadist Pada Masa Tabi'in

Pada dasarnya periwayatan yang dilakukan oleh kalangan Tabi'in tidak berbeda dengan yang dilakukan oleh para sahabat sebagai para guru-guru mereka. Hanya saja persoalan yang dihadapi mereka agak berbeda dengan yang dihadapi para sahabat. Pada masa ini Al-Qur'an sudah dikumpulkan dalam satu mushaf. Dipihak lain, usaha yang telah dirintis oleh para sahabat, pada masa khulafa' Al-Rasyidin kebeberapa wilayah kekuasaan islam, kepada merekalah para tabi'in mempelajari hadist.
Ketika pemerintahan dipegang Bani Umayyah, wilayah kekuasaan islam sudah meliputi Makkah, Madinah, Bashrah, Khurasan, Mesir, Persia, Irak, Afrika Selatan, Samarkand, dan Spanyol. Sejalan dengan pesatnya perluasaan kekuasaan Islam tersebut, penyebaran sahabat ke daerah-daerah juga meningkat. Oleh sebab itu, masa ini dikenal masa penyebaran periwayatan hadist dan masa pembukuan hadis
Hadist-hadist yang diterima para tabi'in ini, seperti telah disebutkan ada yang dalam bentuk catatan-catatan atau tulisan-tulisan dan ada yang harus dihafal, disamping dalam bentuk yang sudah terpolakan dalam ibadah dan amaliah para sahabat yang mereka saksikan dan mereka ikuti. Kedua ini saling melengkapi, sehingga tidak ada satu hadist pun yang tercecer atau terlupakan.

Sampai pada akhirnya fakta sejarah menunjukkan bahwa pada abad pertama perkembangan hadis, sebagian perawi mencatat hadis-hadis dari para pendahulunya, sedang yang lain tidak mencatatnya. Dalam meriwayatkannya mereka berpegang pada ingatan dan kekuatan hafalannya. Keadaan demikian terus berlangsung hingga masa pemerintahan Abdul Aziz bin Marwan. Beliau memerintahkan Kasir bin Murrah al-Hadhrami untuk menulis semua hadis dari para sahabat Rasulullah yang dapat diperolehnya, kecuali hadis-hadis dari Abu Hurairah, karena ia sudah memilikinya. Umar bin Abdul Aziz, diriwayatkan, telah mengeluarkan perintah kepada Abu Bakar Muhammad bin Amr bin Hazm, Gubernur Madinah untuk men-tadwin (mengkodifikasikan) hadis. Selain itu, ia juga memerintahkan kodifikasi hadis kepada Ibnu Syihab Az-Zuhri (w. 124 H). Imam Malik dalam al-Muwatta meriwayatkan perintah Umar tersebut sebagai berikut, "Lihat dan telitilah hadis-hadis Rosulullah, sunahnya, hadis Umar atau sebagainya, lalu tulislah, karena aku takut akan hilang dan punahnya ilmu disebabkan meninggalnya ulama".

Selain itu Umar berpesan agar Ibnu Hazm mencatat hadis-hadis yang ada pada Amrah binti Abdurrahman seorang wanita Anshar anak al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar. Abu Nu'aim meriwayatkan bahwa Umar juga mengirim surat ke beberapa daerah, bunyinya sebagai berikut, "Telitilah hadis-hadis Rasulullah, lalu kumpulkanlah".Perintah Umar bin Abdul Aziz rupanya telah berhasil membangkitkan minat para ulama untuk semakin meningkatkan usaha pengkodifikasian hadis.[3]

2.      Masa Kodifikasi Hadits.

Kondifikasi atau taswin Hadits, artinya pencatatan, penulisan, atau pembukuan Hadits. Secara individual, seperti diuraikan oleh para sahabat sejak zaman Rasul SAW. Akan tetapi yang dimaksud pembahasan disini ialah kondifikasi secara resmi bedasarkan perintah khalifah, dengan melibatkan beberapa personil, yang ahli dalam masalah ini, bukan yang dilakukan secara perorangan atau untuk kepentingan pribadi, seperti yang terjadi pada masa sebelumnya.
Kegiatan ini di mulai pada masa pemerintahan islam di pimpin oleh khalifah Umar bin Abdul al-Aziz (Khalifah kedelapan dari khalifahan Bani Umayah), melalui intruksinya kepada Abu Bakar bin Muhammad bin Hazm (gubernur Madinah) dan para ulama Madinah agar memperlihatkan dan mengumpulkan Hadits dari para ulama Madinah yang berbunyi:
ﺃﻧﻇﺮﻮﺍ ﺤﺪﻴﺚ ﺮﺴﻮﻞ ﺍﻠﻠﻪ ﺻﻟﻰ ﺍﻟﻟﻪ ﻋﻟﯿﻪ ﻮﺴﻟﻡ ﻓﺎﻛﺗﺑﻭﻩ ﻓﺈﻧﻰ ﺧﻓﺖ ﺪﺭﻮﺲ ﺍﻠﻌﻟﻡ ﻮﺫﻫﺎﺐ ﺃﻫﻟﻪ(ﻭﻓﻰ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﺬﻫﺎﺐ ﺍﻟﻌﻟﻣﺎﺀ) ﻭﻻ ﺗﻗﺑﻞ    ﺇﻻ ﺣﺪﻳﺚ ﺍﻟﻨﺑﻲ ﺼﻟﻰ ﺍﻟﻟﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻮﺳﻟﻡ
“Perhatikan atau periksalah Hadits-Hadits Rasul SAW kemudian tulislah! Aku khawatir dan lenyapnya ilmu dengan meninggalnya para ahlinya. Menurut suatu riwayat disebutkan “meninggalnya para ulama, dan janganlah kamu terima kecuali Hadits Rasul SAW.

Latar belakang pemikiran munculnya usaha kodifikasi Hadits.

Ada tiga hal pokok mengapa khalifah Umar bin Abdul Aziz mengambil kebijaksanaan seperti ini:
Pertama, ia khawatir hilangnya Hadits-hadits, dengan meninggalnya para ulama dimedan perang, ini faktor  yang paling utama sebagaimana terlihat pada naskah surat-surat yang dikirimkam kepada para ulama lainnya.
Kedua, ia khawatir akan tercampurnya antara Hadits-hadits yang Shahih dengan Haditsyang palsu.
Ketiga, bahwa dengan semakin meluasnya daerah kekuasaan islam, sementara kemampuan para tabi’in antara satu dengan yang lainnya tidak sama, jelas sangat memerlukan adanya usaha kodifikasi ini. Peranan Umar bin Abdul Aziz dapat pula di kemukakan disini bahwa ia selain terkenal sebagai khalifah plopor yang memerlukan intruksi untuk membukuka Hadits, secara pribadi ia juga merupakan aset dan mengambil bagian dalam kegiatan ini menurut beberapa riwayat, ia turut terlibat mendiskusikan Haits-hadits yang sednag dihimpun. Di samping itu, ia sendiri memiliki beberapa tuliosan tentang Hadits-haits yang diterimanya.

 Pembukaan Hadits pada kalangan Tabi’in dan Tabi’at setelah Ibn syihab al-Zuhri
Di antara para ulama setelah al-Zuhri, ada ulama ahli hadits yang berhasil menyusun kitab Tadwin, yang bisa di wariskan kepada generasi sekarang, yaitu Malik bin Anas (97-179 H), di Madinah dengan kitab hasil karyanya bernama Al-Muath tha’. Kitab tersebut selesai di susun pada tahun 124 H dan para ulama menilainya sebagai kitab Tadwin yang pertama.           
Jadi kenyataan di atas terlihat adanya garis pembeda antara kariya-kariya ulama sebelum al-Zuhri dengan karya-karyanya setelahnya. Karya ulama setelah al-Zuhri, yang tidak lepas dari peranan al-Zuhri sendiri, dapat mewariskan buah karyanya dan tetap terpelihara sampai sekarang. Sedangkan karya ulama-ulama sebelumnya hanya sampai di tangan-tangan muridnya dan tidak dapat di wariskan kepada generasi yang lebih jauh.[4]


BAB III
KESIMPULAN

Setelah kita menela’ah sekian banyaknya pembahasan yang disajikan, tidak relevan apabila kita tidak memberikan suatu penerangan yang cukup dari pada permasalahan tersebut. Maka dari itu kami mencoba untuk menyimpulkan beberapa kesimpulan sebagai brikut :
Pertama,sejarah pertumbuhan dan perkembangan hadis merupakan fase-fase yang dilalui oleh hadis semejak Rasulallah masih hidup sampai dengan generasi-generasi berikutnya sehingga terwujudnya kitab-kitab yang dapat disaksikan sampai sekarang ini.
Kedua,sebelum hadist dikodifikasikan terdapat beberapa fase diantaranya masa Rasulallah, sahabat (khulafaurasyidin) dan Tabiin. Kemudian pada masa Tabiin yaitu oleh Umar bin Abdul Aziz. Karena ada duahal yang pokok yang mendorong beliau untuk mengkodifikasi hadis yaitu .Pertama, ia khawatir hilangnya hadis-hadis karena meninggalnya para ulama di medan perang. Kedua , ia khawatir akan tercampurnya antara hadis-hadis yang sahih dengan hadis-hadis palsu.
Ketiga, perkembangan kodifikasi hadist dilukiskan pada perodisasi hadist. Ada yang berpendapat, perodisasi dibagi pada tiga periode, lima periode dan bahkan tujuh periode. Kemudian dapat di garisbesarkan ke dalam 2 tahap. Pertama, masa belum pendewanan hadits yakni sebelum dibukukannya hadits. Kedua, masa penyebaran dan pengajaran hadits.


                                                                                                         
DAFTAR PUSAKA

Ajaj Al khatib, Muhammad, Ushul Hadist, Goya media
Alawi Almaliki, Muhammad, Ilmu Ushul Hadis, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2006.
Suparta, Munzier, ilmu hadist, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada. 2002
Al- Ramaharmuzi, Al-Muhaddis Al-Fashil Baina ar-Rawi wa al-wa'I (Beirut: Al-Fikr)
Imam Malik, al-Muwatha' juz 2. Hlm 56. periwayat lain adalah Abu Daud, al-Tirmidzi, dan sa'ad ibn Majjah.
Munzier Suparta, Op-Cit, h. 71

[1]Ajaj Al khatib, Muhammad, Ushul Hadist, Goya media
                                                                                                                                                                                1
[2]Suparta, Munzier, ilmu hadist, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada. 2002
                                                                                                                                                                                2
[3]Al- Ramaharmuzi, Al-Muhaddis Al-Fashil Baina ar-Rawi wa al-wa'I (Beirut: Al-Fikr)
Imam Malik, al-Muwatha' juz 2. Hlm 56. periwayat lain adalah Abu Daud, al-Tirmidzi, dan sa'ad ibn Majjah.

                                                                                                                                                                                                7
[4]Munzier Suparta, Op-Cit, h. 71


Related Post:




0 Response to "hadis Masa pra kodifikasi dan kodifikasi, sejarah hadits pra kodifikasi dan kodifikasi hadits jelaskan secara singkat keberadaan hadis pada masa pra kodifikasi dan masa kodifikasi keberadaan hadis pada masa kodifikasi sejarah hadits masa kodifikasi sejarah perkembangan hadits periode 1 sampai 7 perkembangan hadits pada masa sekarang kodifikasi hadits pada masa sahabat sejarah kodifikasi hadits pada masa nabi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel