بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله رب العالمين، اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد ، لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين

CARA MEMBUAT BELAJAR TIDAK TERLUPAKAN dengan PENCOCOKAN KARTU INDEKS

CARA MEMBUAT BELAJAR TIDAK TERLUPAKAN dengan PENCOCOKAN KARTU INDEKS Contoh Penggunaan strategi Pencocokkan Kartu Indeks dalam Materi Pembelajaran Bahasa Arab

Sebagian guru mengajar hingga batas akhir masa sekolah, semester, atau bidang studi. Mereka mungkin beranggapan bahwa pada saat-saat akhir mereka dapat menjelaskan lebih banyak informasi dan menyelesaikan topik dan materi yang masih dalam agenda mereka.

               Makna “ dari menyelesaikan” mata pelajaran masih perlu dipertanyakan, karena adakalanya  guru hanya sekedar menyelesaikan materi yang tersisa. Memaksakan diri untuk mengajar hingga batas akhir  seringkali berakibat  pada terjadinya pengajaran yang tidak tertata, ada yang terlewatkan, atau ada yang masih belum jelas. Sebaliknya, bila kegiatan bersifat aktif, ada peluang untuk terjadinya pemahaman. Bila kita menyediakan waktu untuk memantapkan apa yang telah dipelajari, maka ada peluang untuk terjadinya pengingatan.Hasil pembelajaran dapat  menghilang bila siswa tidak diberi kesempatan untuk menyimpannya.

               Disamping menyimpan apa yang telah dipelajari, penting pula untuk menikmatinya. Seperti halnya pengalaman, pemeblajaran akan dapat di nikmati bila ada kesempatan untuk mengingatnya dan memberinya sentuhan akhir yang menyentuh perasaan.  Ada banyak tindakan positif yang bisa kita lakukan untuk menciptakan penutup mata pembelajaran yang bermakna dan barangkali, tak terlupakan. Adapun kategori yang digunakan ada empat:

a.       Strategi peninjuan kembali.


b.      Penilaian sendiri.
c.       Perencanaan masa depan.
d.      Ucapan perpisahan.
               Adapun strategi peninjauan kembali adalah salah satu cara yang pasti untuk membuat pembelajaran tetap melekat dalam pikiran dan mengalokasikan waktu untuk menunjau kembali apa yang telah dipelajari. Materi yang telah dibahas oleh siswa cenderung lima kali lebih melekat di dalam pikiran ketimbang materi yang tidak. Itu karena pembahasan kembali memungkinkan siswa untuk memikirkan kembali informasi tersebut dan menemukan cara untuk menyimpannya di dalam otak.
               Dibawah in kan dibahas salah satu strategi untuk mendukung peninjauan kembali. Selain menjadi aktif, strategi ini menjadikan peninjauan kembali sebagai aktivitas yang menyenangkan yaitu strategi Pencocokan Kartu Indeks.

B.  PENCOCOKAN KARTU INDEKS

1.      Uraian Singkat

         Pencocokan Kartu Indeks ini merupakan cara aktif dan menyenangkan untuk meninjau ulang materi pembelajaran. Cara ini memungkinkan siswa untuk berpasangan dan memberi pertanyaan kuis kepada temannya.

2.      Prosedur

a.       Pada kartu indeks yang terpisah, tulislah pertanyaan tentang apapun yang diajarkan di kelas. Buatlah kartu pertanyaan dengan jumlah yang sama dengan setengah jumlah siswa.
b.      Pada kartu yang terpisah, tulislah jawaban atas masing-masing pertanyaan itu.
c.       Campurkan dua kumpulan kartu itu dan kocoklah beberapa kali agar benar-benar tercampur aduk.
d.      Berikan satu kartu untuk satu siswa. Jelaskan bahwa ini merupakan latihan pencocokan. Sebagian siswa mendapatkan pertanyaan tinjauan dan sebagian lain mendapatkan kartu jawabannya.
e.       Perintahkan siswa untuk mencari kartu pasangan mereka. Bila sudah terbentuk pasangan, perintahkan siswa yang berpasangan itu untuk mencari tempat duduk bersama. (Katakan pada mereka untuk tidak mengungkapkan kepada pasangan lain apa yang ada di kartu mereka.)
f.       Bila semua pasangan yang cocok telah duduk bersama, perintahkan tiap pasangan untuk memberikan kuis kepada siswa yang lain dengan membacakan keras-keras pertanyaan mereka dan menantang siswalain untuk memberikan jawabannya.
3.      Variasi
a.       Susunlah kartu yang berisi sebuah kalimat dengan beberapa kata yang dihilangkan untuk dicocokkan dengan kartu yang berisi kata-kata yang hilang itu.
b.      Buatlah kartu yang berisi pertanyaan-pertanyaan dengan beberapa kemungkinan jawabannya. “Contohnya apa yang dilakukan oleh seorang guru di sekolah ?.” Cocokkan kartu-kartu itu dengan kartu yang berisi kumpulan jawaban yang relevan. Ketika tiap pasangan memberikan kuis kepada kelompok,  perintahkan mereka untuk mendapatkan beberapa jawaban dari siswa lain.

C.  Contoh Penggunaan strategi Pencocokkan Kartu Indeks dalam Materi Pembelajaran Bahasa Arab

               Adapun materi dalam pembelajaran bahasa arab yang dapat digunakan untuk Active Learning Pencocokkan Kartu Indeks sangat banyak. Strategi ini bisa digunakan juga untuk mengajarkan kosa kata bahasa arab, mengajarkan konsep, penggolongan sifat atau mengulangi sebuah informasi, namun saya hanya mengambil satu materi saja dalam pembelajaran bahasa arab yaitu profesi.
 

Related Post:




0 Response to "CARA MEMBUAT BELAJAR TIDAK TERLUPAKAN dengan PENCOCOKAN KARTU INDEKS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel