CARA MEMBUAT BELAJAR TIDAK TERLUPAKAN dengan PENCOCOKAN KARTU INDEKS
Written By
Muhammad Azhar
Friday, June 29, 2018
CARA MEMBUAT BELAJAR TIDAK TERLUPAKAN dengan PENCOCOKAN KARTU INDEKS Contoh Penggunaan strategi Pencocokkan Kartu Indeks dalam Materi Pembelajaran Bahasa Arab
Sebagian guru mengajar hingga batas akhir masa sekolah, semester, atau bidang studi. Mereka mungkin beranggapan bahwa pada saat-saat akhir mereka dapat menjelaskan lebih banyak informasi dan menyelesaikan topik dan materi yang masih dalam agenda mereka.
Makna “ dari menyelesaikan” mata pelajaran masih perlu dipertanyakan, karena adakalanya guru hanya sekedar menyelesaikan materi yang tersisa. Memaksakan diri untuk mengajar hingga batas akhir seringkali berakibat pada terjadinya pengajaran yang tidak tertata, ada yang terlewatkan, atau ada yang masih belum jelas. Sebaliknya, bila kegiatan bersifat aktif, ada peluang untuk terjadinya pemahaman. Bila kita menyediakan waktu untuk memantapkan apa yang telah dipelajari, maka ada peluang untuk terjadinya pengingatan.Hasil pembelajaran dapat menghilang bila siswa tidak diberi kesempatan untuk menyimpannya.
Disamping menyimpan apa yang telah dipelajari, penting pula untuk menikmatinya. Seperti halnya pengalaman, pemeblajaran akan dapat di nikmati bila ada kesempatan untuk mengingatnya dan memberinya sentuhan akhir yang menyentuh perasaan. Ada banyak tindakan positif yang bisa kita lakukan untuk menciptakan penutup mata pembelajaran yang bermakna dan barangkali, tak terlupakan. Adapun kategori yang digunakan ada empat:
a. Strategi peninjuan kembali.
b. Penilaian sendiri.
c. Perencanaan masa depan.
d. Ucapan perpisahan.
Adapun strategi peninjauan kembali adalah salah satu cara yang pasti untuk membuat pembelajaran tetap melekat dalam pikiran dan mengalokasikan waktu untuk menunjau kembali apa yang telah dipelajari. Materi yang telah dibahas oleh siswa cenderung lima kali lebih melekat di dalam pikiran ketimbang materi yang tidak. Itu karena pembahasan kembali memungkinkan siswa untuk memikirkan kembali informasi tersebut dan menemukan cara untuk menyimpannya di dalam otak.
Dibawah in kan dibahas salah satu strategi untuk mendukung peninjauan kembali. Selain menjadi aktif, strategi ini menjadikan peninjauan kembali sebagai aktivitas yang menyenangkan yaitu strategi Pencocokan Kartu Indeks.
B. PENCOCOKAN KARTU INDEKS
1. Uraian Singkat
Pencocokan Kartu Indeks ini merupakan cara aktif dan menyenangkan untuk meninjau ulang materi pembelajaran. Cara ini memungkinkan siswa untuk berpasangan dan memberi pertanyaan kuis kepada temannya.
2. Prosedur
a. Pada kartu indeks yang terpisah, tulislah pertanyaan tentang apapun yang diajarkan di kelas. Buatlah kartu pertanyaan dengan jumlah yang sama dengan setengah jumlah siswa.
b. Pada kartu yang terpisah, tulislah jawaban atas masing-masing pertanyaan itu.
c. Campurkan dua kumpulan kartu itu dan kocoklah beberapa kali agar benar-benar tercampur aduk.
d. Berikan satu kartu untuk satu siswa. Jelaskan bahwa ini merupakan latihan pencocokan. Sebagian siswa mendapatkan pertanyaan tinjauan dan sebagian lain mendapatkan kartu jawabannya.
e. Perintahkan siswa untuk mencari kartu pasangan mereka. Bila sudah terbentuk pasangan, perintahkan siswa yang berpasangan itu untuk mencari tempat duduk bersama. (Katakan pada mereka untuk tidak mengungkapkan kepada pasangan lain apa yang ada di kartu mereka.)
f. Bila semua pasangan yang cocok telah duduk bersama, perintahkan tiap pasangan untuk memberikan kuis kepada siswa yang lain dengan membacakan keras-keras pertanyaan mereka dan menantang siswalain untuk memberikan jawabannya.
3. Variasi
Related:
- Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran, manfaat media pembelajaran menurut para ahli manfaat media pembelajaran pdf makalah manfaat media pembelajaran manfaat media pembelajaran matematika fungsi dan manfaat media pembelajaran pai jenis media pembelajaran contoh media pembelajaran dampak positif media pembelajaran
- Manfaat dan Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran, manfaat media pembelajaran prinsip media pembelajaran manfaat media pembelajaran menurut para ahli jenis media pembelajaran kedudukan media pembelajaran manfaat media pembelajaran pdf prinsip penggunaan media pembelajaran pdf prinsip pemilihan media pembelajaran
- Media Pembelajaran Kemahiran Membaca, makalah strategi pembelajaran bahasa arab makalah metode pembelajaran bahasa arab metode pembelajaran bahasa arab pdf makalah metode membaca media pembelajaran maharah qira'ah strategi pembelajaran bahasa arab inovatif game dalam pembelajaran bahasa arab metode pembelajaran bahasa arab untuk anak
- Tujuan Hukum Di Pandang Dari Segi Tindak Pidananya, Asas Kemanfaatan Pada Hukum Pidana Islam
- Metode Penelitian dan Pentarjihan Asbabun Nuzul, Faedah Mengetahui Asbab An-Nuzul dalam Medan Pendidikan dan Pengajaran, Redaksi yang Digunakan Asbabun Nuzul, Kaidah Penarjihan Asbabun Nuzul
- Kodifikasi Hadits jurnal kodifikasi hadits, kodifikasi hadits sejarah dan perkembangannya, jurnal sejarah kodifikasi hadits, jurnal kodifikasi hadits pdf, sejarah kodifikasi hadits ppt, sejarah penulisan dan kodifikasi hadits, tokoh-tokoh kodifikasi hadis, sejarah kodifikasi hadits mulai abad ke-2 sampai sekarang
a. Susunlah kartu yang berisi sebuah kalimat dengan beberapa kata yang dihilangkan untuk dicocokkan dengan kartu yang berisi kata-kata yang hilang itu.
b. Buatlah kartu yang berisi pertanyaan-pertanyaan dengan beberapa kemungkinan jawabannya. “Contohnya apa yang dilakukan oleh seorang guru di sekolah ?.” Cocokkan kartu-kartu itu dengan kartu yang berisi kumpulan jawaban yang relevan. Ketika tiap pasangan memberikan kuis kepada kelompok, perintahkan mereka untuk mendapatkan beberapa jawaban dari siswa lain.
C. Contoh Penggunaan strategi Pencocokkan Kartu Indeks dalam Materi Pembelajaran Bahasa Arab
Adapun materi dalam pembelajaran bahasa arab yang dapat digunakan untuk Active Learning Pencocokkan Kartu Indeks sangat banyak. Strategi ini bisa digunakan juga untuk mengajarkan kosa kata bahasa arab, mengajarkan konsep, penggolongan sifat atau mengulangi sebuah informasi, namun saya hanya mengambil satu materi saja dalam pembelajaran bahasa arab yaitu profesi.
Related Post:
media pembelajaran- Fungsi Media Pembelajaran, makalah fungsi media pembelajaran fungsi media pembelajaran menurut para ahli fungsi media pembelajaran pdf pertanyaan fungsi media pembelajaran pengertian dan fungsi media pembelajaran fungsi media pembelajaran ips 6 fungsi media pembelajaran menurut rowntree jenis media pembelajaran
- Media Pembelajaran Kemahiran Membaca teks qira'ah bahasa arab, Opaque Projector, Slide, Presentas, Internet, Permainan Bahasa , teks qira'ah bahasa arab maharah qira'ah pdf permainan untuk maharah kitabah permainan bahasa arab untuk mts mengajar bahasa arab dengan permainan pengertian permainan bahasa game edukasi bahasa arab permainan istima
- prinsip penggunaan media pembelajaran menurut Yusufhadi Miarso beserta para rekannya, prinsip penggunaan media pembelajaran pdf 6 prinsip media pembelajaran kedudukan media pembelajaran perangkat media pembelajaran prinsip pemilihan dan penggunaan media pembelajaran prinsip pengembangan media pembelajaran prinsip kesesuaian dalam media pembelajaran makalah prinsip pemilihan media pembelajaran
- Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran, manfaat media pembelajaran menurut para ahli manfaat media pembelajaran pdf makalah manfaat media pembelajaran manfaat media pembelajaran matematika fungsi dan manfaat media pembelajaran pai jenis media pembelajaran contoh media pembelajaran dampak positif media pembelajaran
- Manfaat dan Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran, manfaat media pembelajaran prinsip media pembelajaran manfaat media pembelajaran menurut para ahli jenis media pembelajaran kedudukan media pembelajaran manfaat media pembelajaran pdf prinsip penggunaan media pembelajaran pdf prinsip pemilihan media pembelajaran
- Media Pembelajaran Kemahiran Membaca, makalah strategi pembelajaran bahasa arab makalah metode pembelajaran bahasa arab metode pembelajaran bahasa arab pdf makalah metode membaca media pembelajaran maharah qira'ah strategi pembelajaran bahasa arab inovatif game dalam pembelajaran bahasa arab metode pembelajaran bahasa arab untuk anak
- Urgensi Media Pembelajaran, urgensi media pembelajaran pdf urgensi media pembelajaran bahasa arab urgensi media dalam proses pembelajaran biologi urgensi pembelajaran sejarah perkembangan media pembelajaran urgensi penggunaan media dalam pembelajaran matematika macam macam pola media pengajaran makalah manfaat media pembelajaran
Makalah- Tujuan Hukum Di Pandang Dari Segi Tindak Pidananya, Asas Kemanfaatan Pada Hukum Pidana Islam
- Metode Penelitian dan Pentarjihan Asbabun Nuzul, Faedah Mengetahui Asbab An-Nuzul dalam Medan Pendidikan dan Pengajaran, Redaksi yang Digunakan Asbabun Nuzul, Kaidah Penarjihan Asbabun Nuzul
- Kodifikasi Hadits jurnal kodifikasi hadits, kodifikasi hadits sejarah dan perkembangannya, jurnal sejarah kodifikasi hadits, jurnal kodifikasi hadits pdf, sejarah kodifikasi hadits ppt, sejarah penulisan dan kodifikasi hadits, tokoh-tokoh kodifikasi hadis, sejarah kodifikasi hadits mulai abad ke-2 sampai sekarang
- Fungsi Media Pembelajaran, makalah fungsi media pembelajaran fungsi media pembelajaran menurut para ahli fungsi media pembelajaran pdf pertanyaan fungsi media pembelajaran pengertian dan fungsi media pembelajaran fungsi media pembelajaran ips 6 fungsi media pembelajaran menurut rowntree jenis media pembelajaran
- Media Pembelajaran Kemahiran Membaca teks qira'ah bahasa arab, Opaque Projector, Slide, Presentas, Internet, Permainan Bahasa , teks qira'ah bahasa arab maharah qira'ah pdf permainan untuk maharah kitabah permainan bahasa arab untuk mts mengajar bahasa arab dengan permainan pengertian permainan bahasa game edukasi bahasa arab permainan istima
- Makalah Iman Kepada Rasul Allah, dalil iman kepada rasul makalah iman kepada rasul allah rukun iman kepada rasul allah hikmah beriman kepada rasul contoh iman kepada rasul pentingnya iman kepada rasul pengertian beriman kepada rasul menurut bahasa dan istilah buah iman kepada rasul adalah
- hubungan pendidikan islam dengan pendidikan nasional pdf hubungan timbal balik antara pendidikan islam dan pendidikan nasional implementasi inovasi pendidikan islam di indonesia jelaskan hubungan antara agama dan pendidikan hubungan pendidikan islam dan masyarakat perbedaan pendidikan islam dan pendidikan nasional persamaan pendidikan dan pendidikan islam pendidikan islam dalam sistem pendidikan nasional pdf
- Islam Di Singapura 3 : Posisi Melayu-Muslim di Singapura, pertanyaan tentang islam di singapura agama di singapura suku di singapura komposisi etnis singapura mayoritas agama di malaysia menteri agama singapura kota singapura karya seni singapura
- Islam Di Singapura 2 : Gerakan Keislaman di Singapura, pertanyaan tentang islam di singapura agama di singapura pendidikan islam di singapura hukum islam di singapura pdf perjuangan partai partai islam di singapura proses masuknya islam di singapura pdf universitas islam singapura sistem ekonomi islam di singapura
- Kode Etik Profesi Keguruan, tujuan kode etik profesi keguruan implikasi kode etik profesi keguruan terhadap upaya mewujudkan pendidikan yang berkualitas organisasi profesi keguruan pertanyaan kode etik profesi keguruan manfaat kode etik guru kode etik guru smk kode etik guru dan tenaga kependidikan kode etik dan organisasi profesi keguruan dalam pendidikan
- Daftar Organisasi Pendidikan di Indonesia, organisasi pendidikan di indonesia pdf contoh organisasi di bidang pendidikan daftar organisasi di indonesia organisasi guru organisasi pada lembaga pendidikan pengertian organisasi pendidikan pdf organisasi pendidikan pertama di indonesia sistem organisasi pendidikan
- Fungsi Organisasi Profesi Guru, organisasi profesi guru pdf pertanyaan organisasi profesi keguruan anggota organisasi etika profesi keguruan hak dan kewajiban anggota organisasi profesi guru tanya jawab tentang organisasi profesi keguruan organisasi profesi bidang pendidikan organisasi profesi pls fungsi organisasi profesi sesuai pasal 41 ayat 2 uugd
- Setan, karakteristik setan, perbedaan jin setan iblis dan siluman perilaku setan ciri ciri setan berwujud manusia perbedaan setan dan iblis perbedaan setan dan manusia persamaan jin dan setan jin adalah setan diciptakan dari api
- Pengertian Setan, pengertian iblis secara bahasa dan istilah iblis dalam islam siapakah iblis iblis menurut alkitab syetan bahasa iblis tentang jin setan beneran
- Syahwat, Pengertian Syahwat, Upaya Pengendalian Syahwat, syahwat itu apa sih syahwat lelaki macam macam syahwat hubbu syahwat tulisan syahwat apakah syahwat itu dosa , dalil syahwat, pembagian syahwat
- Pendidikan / Tarbiyah dan Hakikat Guru Siswa Menurut Islam 4, Dimensi agama, Dimensi akhlak, Dimensi kejiwaan, Dimensi seni, definisi hakikat dan kebutuhan peserta didik hubungan antara motivasi dan kebutuhan peserta didik makalah analisis kebutuhan peserta didik makalah definisi akikat dan kebutuhan peserta didik menilai kebutuhan peserta didik dimensi dimensi peserta didik peta kebutuhan peserta didik karakteristik peserta didik
- Pendidikan / Tarbiyah dan Hakikat Guru Siswa Menurut Islam 3, Hakikat peserta didik, Kebutuhan peserta didik, definisi hakikat dan kebutuhan peserta didik hubungan antara motivasi dan kebutuhan peserta didik makalah analisis kebutuhan peserta didik makalah definisi akikat dan kebutuhan peserta didik menilai kebutuhan peserta didik dimensi dimensi peserta didik peta kebutuhan peserta didik karakteristik peserta didik
- Pendidikan / Tarbiyah dan Hakikat Guru Siswa Menurut Islam 2, Hakikat pendidik, hakikat peserta didik hakikat pendidik paud sebagai fasilitator artinya hakikat pendidik dan tenaga pendidik pertanyaan tentang hakikat peserta didik latar belakang pendidik dan peserta didik hakikat dan sifat pendidik makalah hakikat guru atau pendidik konsep dasar profesi keguruan
- Karakteristik Islam Dalam Berbagai Bidang, 7 karakteristik islam pertanyaan tentang karakteristik islam karakteristik islam beserta contohnya hubungan karakteristik islam dengan kesempurnaan islam makna universal islam karakteristik islam universal karakteristik islam sebagai agama rahmatan lil alamin karakteristik islam sebagai ilmu
- Sejarah Pengumpulan dan Penulisan Al-Qur'an ; Pada masa Khalifah Abu Bakar As-Shiddiq, penulisan alquran pada masa khulafaur rasyidin sejarah singkat pengumpulan al quran mengapa terjadi perbedaan bacaan al-qur'an pada masa khalifah usman penulis al quran yang terkenal makalah pengumpulan al-quran mengapa terjadi perbedaan bacaan al quran pada masa khalifah usman sebab penulisan al qur an pada masa khalifah abu bakar as siddiq ketua panitia penulisan alqur an pada zaman abu bakar as siddiq adalah
0 Response to "CARA MEMBUAT BELAJAR TIDAK TERLUPAKAN dengan PENCOCOKAN KARTU INDEKS"
Post a Comment